[PENIPUAN] Raffi Ahmad Berbagi Uang Hanya dengan Menghubungi Nomor WhatsApp di Bio Profil Instagram

Hasil periksa fakta Panji

Akun tersebut merupakan akun Instagram tiruan Raffi Ahmad, video yang menampilkan Raffi mengadakan giveaway tersebut juga merupakan video lama pada tahun 2020 lalu.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: Instagram https://ghostarchive.org/iarchive/instagram/rans_entertaimen_new/3379519544320860314 (arsip)

===========

[NARASI]: 

Pemenang hanya mereka yang menghubungi nomor whatsApp di bio profil🙌❤️

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di Instagram yang menampilkan Raffi Ahmad sedang melakukan live streaming di depan sebuah laptop, uang, dan beberapa botol minum. Video tersebut juga ditempel dengan sebuah kalimat “KALIAN PUNYA REKENING APA??”.

Lalu postingan video tersebut, pemilik akun juga menambahkan narasi pada kolom komentarnya jika ingin menerima hadiah maka dapat menghubungi nomor yang ada pada bio profil.

Namun, jika dicek di Instagram maka akun tersebut bukan akun resmi Raffi ataupun Rans Entertainment, akun Instagram resmi dari Raffi adalah @raffinagita1717 dan Instagram Rans adalah @rans.entertainment, kedua akun tersebut sudah mendapatkan verifikasi centang biru.

Selain itu setelah dilakukan pencarian gambar dengan menggunakan Google Lens, ditemukan hasil jika video Raffi Ahmad tersebut identik dengan video yang berasal dari siaran ulang live streaming di Channel Youtube Rans Entertainment yang berjudul “UANG 1 M BUAT LEBARANS, NO DUSTA, NO BOHONG, CUS NONTON, GA NONTON BAKALAN NYESAL #HADIAHLEBARANS” video tersebut telah lama diunggah di tahun 2020 yang lalu.

Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan jika akun tersebut merupakan akun tiruan yang mengunggah ulang potongan video dari Rans Entertainment dan dicurigai digunakan untuk modus penipuan.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.instagram.com/raffinagita1717

https://www.instagram.com/rans.entertainment

https://www.youtube.com/watch?v=H92AZs9PfbM