[SALAH] Prabowo Tercengang Usai Megawati Hangestri Cetak Skor di Korea Selatan

Hasil periksa fakta Ainayya.

Faktanya, berdasarkan penelusuran Google sama sekali tidak ditemukan informasi kredibel mengenai klaim tersebut.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/varchive/EBGTvr3u62Q (YouTube)

=======

[NARASI]: “Baru Kali Ini Bapak Prabowo Tercengang Usai Megawati Hangestri Berhasil Mencetak Rekor Di Korea”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube Info Media pada 23 Mei 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa Prabowo Subianto tercengang usai Megawati Hangestri mencetak skor dalam pertandingan voli yang diselenggarakan di Korea Selatan. Selain itu, pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas), Mega juga menyampaikan apresiasinya kepada Prabowo yang dikenal memiliki perhatian khusus pada kemajuan olahraga Indonesia.

Berdasarkan hasil penelusuran menggunakan Google, faktanya tidak ditemukan informasi kredibel mengenai dua klaim tersebut.

Sebelumnya diketahui bahwa Prabowo pernah ditunjuk menggantikan Presiden Joko Widodo untuk membuka peringatan Haornas 2023. Dalam momen itu, Prabowo memberikan selamat kepada seluruh pelaku olahraga atas peringatan Haornas ke-40. Prabowo berharap bahwa ke depannya, olahraga Indonesia memiliki prestasi yang lebih baik di level dunia.

Sumber: Kementerian Pertahanan Republik Indonesia

Prabowo yang juga berstatus sebagai Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) diketahui juga memiliki perhatian ke dunia sepak bola. Pada pembukaan Nusantara Open 2023, Menpora Dito sempat memberikan apresiasi kepada Prabowo selaku Ketua Dewan Pembina Akademi Sepak Bola Garudayaksa atas dedikasinya memajukan sepak bola tanah air ke taraf internasional.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube Info Media merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.kemhan.go.id/2023/09/10/menhan-prabowo-wakili-presiden-jokowi-buka-haornas-2023-olahraga-harus-bisa-dukung-ekonomi.html
https://sport.detik.com/sport-lain/d-6923973/di-haornas-2023-menpora-dapat-pesan-dari-menhan
https://sport.detik.com/sepakbola/liga-indonesia/d-7216483/menilik-sepak-terjang-prabowo-subianto-di-sepakbola
https://www.kemenpora.go.id/detail/4602/menpora-dito-apresiasi-prabowo-subianto-memajukan-sepak-bola-melalui-akademi-sepakbola-garudayaksa-dan-nusantara-open-2023