[SALAH] Video Proses Evakuasi 1000 Warga Palestina ke Indonesia

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya Menteri Luar Negeri menyebut bahwa evakuasi 1000 warga Palestina ke Indonesia kemungkinan akan terlaksana saat pemerintahan presiden terpilih, Prabowo Subianto. Kapal dalam video tersebut merupakan kapal KM Bukit Siguntang yang melayani perjalanan penumpang dari Makassar, Parepare, Balikpapan, Tarakan, Nunukan, Maumere, Lewoleba dan Kupang milik PT Pelni.

= = =

Kategori: Koneksi yang Salah

= = =

Sumber: Snack Video

https://arsip.cekfakta.com/archive/1719196644.13697/index.html#original

= = =

Narasi:

“Proses Evakuasi 1000 Warga Palestina ke Indonesia”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video di Snack Video yang menunjukkan sejumlah orang turun dari kapal laut serta menyematkan narasi dengan klaim proses evakuasi 1000 warga Palestina ke Indonesia.

Setelah ditelusuri faktanya Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi menyebut bahwa evakuasi 1000 warga Palestina ke Indonesia kemungkinan akan terlaksana saat pemerintahan presiden terpilih, Prabowo Subianto. Dilansir dari Kompas.com, Retno menjelaskan bahwa saat ini proses evakuasi baru dalam tahap persiapan yang memerlukan waktu yang lama.

Penelusuran untuk mencari dari mana audio dalam postingan Snack Video tersebut dilakukan dengan mesin pencarian YouTube, ditemukan video berita yang identik dengan audio dalam postingan tersebut yang diberitakan oleh tvOneNews dengan judul “Menlu Bicara Proses Evakuasi 1.000 Warga Palestina”.

Tidak ditemukan video yang identik seperti pada video tersebut. Terlihat terdapat tulisan “Bukit Siguntang” pada bagian depan kapal laut yang disorot, setelah ditelusuri kapal tersebut adalah kapal KM Bukit Siguntang milik Pelayaran Nasional Indonesia (PT Pelni) yang melayani perjalanan penumpang dari Makassar, Parepare, Balikpapan, Tarakan, Nunukan, Maumere, Lewoleba dan Kupang.

Dengan demikian, video proses evakuasi 1000 warga Palestina ke Indonesia adalah tidak benar dengan kategori Koneksi yang Salah.

= = =

Referensi:

https://yogyakarta.kompas.com/read/2024/06/03/201151178/menlu-sebut-evakuasi-1000-warga-palestina-dilaksanakan-di-masa

https://youtu.be/Sm-E9oX-idQ?si=x4ml7c5JbR3oaQJ3

https://id.wikipedia.org/wiki/KM_Bukit_Siguntang

https://papuabarat.tribunnews.com/2024/03/14/jadwal-kapal-km-bukit-siguntang-terbaru-maret-april-2024-cek-rute-mudik-lebaran

= = =