[SALAH] Pipa Rokok Baik untuk Terapi Kesehatan

Informasi menyesatkan. Faktanya produk hasil tembakau yang dihisap termasuk melalui pipa, mengandung lebih dari 7000 bahan kimia berbahaya. Di antaranya karsinogenik dan mematikan.
=================================

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=================================
NARASI:
VeE Pipa Rokok Cangklong Akar Bahar – Terapi Kesehatan

Pipa Rokok Akar bahar ini sangat elegan dan cocok digunakan untuk pria atau wanita berstyle kantoran karena modelnya yang minimalis dan elegan. Dengan ukuran yang pas dilengan tangan, Pipa Rokok ini cocok bagi anda yang dinamis dan mobile dengan mengedepankan taste fashion etnik.

Secara ilmiah, bahar akar mengandung radium, zat putih yang akan berubah warna untuk hitam karena proses oksidasi atau pembakaran.
Dari segi kesehatan, Akar Bahar berguna untuk mencegah atau mengurangi gejala penyakit rematik dan asam urat serta menetralisir racun baik di dalam ruangan atau di dalam tubuh manusia, sehingga akar bahar  banyak dijadikan pegangan spiritual dibuat aksesoris seperti Pipa Rokok dan juga bisa untuk mengurangi kadar nikotin.

Spesifikasi
Nama bahan : Akar Bahar
Asal : Sumbawa NTB
Panjang: 10cm
Diameter ujung rokok : 14mm – 17mm
Diameter ujung hisap: 7mm – 9mm
Diameter lubang : 7mm – 8mm
Penggunaan : Untuk rokok filter atau kretek
Model : Minimalis Polos dan Kombinasi Kulit kerang

SUMBER: https://archive.org/details/ewon-bor-ve-e-pipa-rokok-cangklong-akar-bahar-terapi-kesehatan…-facebook (Arsip)


==================================
PENJELASAN:
Dalam poster lembaga kesehatan dunia (WHO) menyebutkan segala bentuk penggunaan tembakau berbahaya, dan tidak ada kadar aman dari paparan asap tembakau. Merokok merupakan bentuk paling umum dari penggunaan tembakau di seluruh dunia.

Produk-produk tembakau lain termasuk klobot, klembak menyan, cerutu, produk tembakau tanpa asap, dan tembakau.

Tembakau mematikan dalam berbagai bentuk. Produk tembakau yang dihisap, termasuk melalui pipa, mengandung lebih dari 7000 bahan kimia, termasuk setidaknya 250 bahan kimia yang diketahui beracun atau menyebabkan kanker.

Pipa rokok juga bukan digunakan sebagai terapi kesehatan. Penggunaan pipa rokok dapat berbahaya dan berpotensi menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak merekomendasikan penggunaan pipa rokok sebagai alat bantu berhenti merokok atau terapi pengganti nikotin karena ditemukannya sejumlah bahan karsinogen yang tidak memenuhi unsur keamanan. Selain itu, penggunaan pipa rokok juga dapat menyebabkan efek buruk lain, seperti infeksi paru berbahaya.

Radium yang disebutkan oleh sumber, merupakan bahan radioaktif yang dapat menyebabkan kanker. Turunan langsungnya, gas radon, juga memiliki sifat radioaktif. Saat tertelan, 80% radium yang tertelan keluar dari tubuh melalui feses, sedangkan 20% lainnya masuk ke dalam aliran darah, sebagian besar terakumulasi di tulang. Hal ini dikarenakan tubuh memperlakukan radium sebagai kalsium dan menyimpannya di tulang, di mana radioaktivitas menurunkan sumsum dan dapat memutasi sel tulang. Paparan radium baik internal maupun eksternal, dapat menyebabkan kanker dan gangguan lainnya, karena radium dan radon memancarkan sinar alfa dan gama setelah peluruhannya, yang membunuh dan memutasi sel-sel penting dalam tubuh.
====================
REFERENSI:


https://iris.who.int/bitstream/handle/10665/324846/WHO-NMH-PND-19.1-ind.pdf
https://id.wikipedia.org/wiki/Radium
https://wwwn.cdc.gov/TSP/PHS/PHS.aspx?phsid=789&toxid=154

*Artikel ini merupakan bagian dari program kerja sama Mafindo dengan Komnas Pengendalian Tembakau.