[SALAH] Penjelasan Sri Mulyani Mengenai Utang Negara dalam Sidang MK Sengketa Pilpres

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya Sri Mulyani tidak pernah menjelaskan mengenai utang negara saat menjadi saksi dalam sidang sengketa Pilpres di MK.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Snack Video

https://arsip.cekfakta.com/archive/1719196333.237766/index.html#original

= = =

Narasi:

“01 & 03 denger baik2 Sri Mulyani: “Penjelasan sy nanti membuka bpk terbuka matanya, kupingnya, pikirannya, wawasannya. Menteri Keuangan RI, Ibu Sri Mulyani menenggelamkan 01&03 yg suka menebar HoAx soal hutang negara di SIDANG MK”

= = =

Penjelasan:

Beredar video yang memuat foto Sri Mulyani saat menjadi saksi dalam sidang sengketa Pilpres di MK, dalam video juga disematkan narasi yang menyebut bahwa Menteri Keuangan menjelaskan mengenai utang negara dalam sidang tersebut.

Setelah ditelusuri faktanya Sri Mulyani hanya menjelaskan dari mana sumber uang Bantuan Sosial dalam sidang MK. Dilansir dari Antaranews.com, selain Menteri Keuangan, Menko PMK, Menko Perekonomian, dan Menteri Sosial juga hadir menjadi saksi dalam sidang tersebut. Keempat menteri tersebut tampil menjadi saksi untuk menjelaskan tentang Bantuan Sosial Jokowi selama kampanye Pilpres 2024.

Dilansir dari Detik.com, Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo menegaskan bahwa audio tersebut bukan suara Sri Mulyani. “Kami pastikan itu bukan suara dan pernyataan Buk Sri Mulyani. Ada pihak yang dengan sengaja membuat narasi yang tidak benar,” ujar Yustinus saat dihubungi Detik.com.

Dengan demikian, Sri Mulyani jelaskan utang negara dalam sidang MK adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://www.antaranews.com/berita/4056039/hoaks-video-sri-mulyani-jelaskan-utang-negara-pada-sidang-mk

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-7290687/viral-video-sri-mulyani-bicara-utang-negara-di-sidang-mk-kemenkeu-pastikan-hoax

= = =