[SALAH] Mahfud MD dan DPR Bongkar Kebusukan Hakim MK Pilpres 2024

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya informasi dalam video hanya tentang Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP I Wayan Sudirta menyebut ada hakim di Bali meminta-minta uang hingga ratusan juta untuk berobat.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://arsip.cekfakta.com/archive/1718901358.483199/index.html (arsip)

===========

[NARASI]:

SIDANG DPR RICUH‼️MAHFUD & DPR BERHASIL BONGKAR KEBUSUK4N HAKIM DI PILPRES 2024 LALU

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di Youtube yang membagikan sebuah klaim mengenai Mahfud MD yang bekerja sama dengan DPR untuk membongkar kebusukan hakim MK di Pilpres 2024 kemarin.

Namun saat disimak isi video tersebut narator hanya membahas tentang Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP I Wayan Sudirta menyebut ada hakim di Bali meminta-minta uang hingga ratusan juta untuk berobat.

Kabar itu disampaikan sampaikan dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi III DPR dengan Sekretaris MA, pada 13 Juni 2024. Wayan menyebut oknum hakim tersebut menduduki posisi penting di wilayah peradilan Bali.

Hingga akhir video, tidak ada pembahasan yang menyinggung mengenai Mahfud MD dan juga hakim MK Pilpres 2024 seperti yang disebutkan pada judul video.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240613185043-32-1109629/dpr-ungkap-ada-hakim-di-bali-minta-ratusan-juta-dengan-alasan-berobat

Theme: Politic, Tool: Mixed, Sc: Youtube, Tc: wedge, Fu: fc, Evidence: Video, Scope: Domestic, Actor: indogovt+

Sumber asli https://www.youtube.com/watch?v=oIU5iBUWguQ