[SALAH] Bendera Indonesia Ada Pada Jersey Timnas Belanda

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, bendera merah putih pada jersey Timnas Belanda merupakan bendera dari negara Polandia saat pertandingan Euro 2024 Belanda melawan Polandia.

=====    

KATEGORI: Konten yang dimanipulasi

=====    

Sumber: Tiktok
https://archive.ph/2o7P9

=====    

Narasi   
Yang bilang Hoax kayaknya harus jeli lagi :relieved::point_up::skin-tone-2:

=====   

Penjelasan:   
Akun tiktok Dani Bashing mengunggah sebuah foto di tiktok yang mengklaim bahwa Timnas Belanda menggunakan atribut bendera Indonesia pada jerseynya. 
Setelah dilakukan penelusuran, badge bendera merah putih yang berada pada jersey Timnas Belanda merupakan editan. Foto asli jersey Belanda tersebut merupakan badge bendera putih merah dari Polandia.

Dilansir dalam instagram limitodeldiavolo, terdapat foto identik Timnas Belanda memakai jersey dengan badge bendera Polandia putih merah. Sebelumnya, diketahui bahwa Belanda melawan Polandia pada 16 Juni 2024 untuk pertandingan Euro 2024. Saat pertandingan itu, Belanda memakai jersey berwarna biru dengan badge pada bagian kiri bendera negara Belanda dan Polandia. Hasil ini membawa Belanda memuncaki klasemen Grup D Euro 2024.

Dilansir dalam peraturan Euro 2024, memang diwajibkan bagi pertandingan final kompetisi klub dan pertandingan kualifikasi tim perwakilan atau turnamen final memakai tambahan identifikasi tim dari masing-masing tim yang berpartisipasi. Sehingga, foto timnas Belanda memakai badge bendera merah putih adalah tidak benar. Gambar asli foto tersebut Belanda memakai jersey biru dengan tambahan badge bendera Belanda dan Polandia saat pertandingan klasemen Grup D Euro 2024.

=====     

Referensi:    
https://www.instagram.com/p/C8Uad5etEXS/?igsh=MTU2MGppcmsxYmg2Nw==
https://documents.uefa.com/r/6QUjFvP3mNwqiExm2ZvB_g/usd2D5aNzPd6y2PaYCCHDQ
https://sport.detik.com/sepakbola/bola-dunia/d-7394352/klasemen-grup-d-euro-2024-usai-polandia-vs-belanda