[SALAH] Shin Tae Yong Gabung Timnas Malaysia

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, pernyataan tersebut tidakah benar. Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel yang membahas tentang Shin Tae Yong yang kembali ke Korea Selatan dan akan ke Malaysia untuk menghadiri drawing putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Selain itu, kontrak Shin Tae Yong di Indonesia resmi diperpanjang hingga 2027.

Simak Penjelasannya.

====
[KATEGORI] Konten Palsu

====
[SUMBER] Youtube
https://ghostarchive.org/varchive/DyNzh-bttYs

====
[NARASI]
Mengejutkan !!! Agenda Timnas Indonesia Berakhir, Shin Tae Yong Resmi Gabung Skuad Harimau Malaya ???

====
[PENJELASAN]
Sebuah video diunggah di Youtube menyatakan bahwa Shin Tae Yong, pelatih sepak bola Indonesia resmi gabung tim nasional Malaysia, Harimau Malaya. Video ini diunggah oleh akun Youtube bernama Kanal pada 16 Juni 2024.

Setelah dilihat secara keseluruhan, video tersebut tidak menyebutkan bahwa Shin Tae Yong bergabung dengan tim sepak bola Malaysia. Narator dalam video hanya menyampaikan tentang kabar Shin Tae Yong yang pulang ke Korea Selatan setelah agenda terdekat timnas Indonesia berakhir lalu ke Malaysia. Pemeriksa fakta mencoba mencari pernyataan yang disampaikan narator melalui internet dan menemukan di laman http://bolasport.com. Pernyataan tersebut termuat di artikel berjudul “Agenda Timnas Indonesia Berakhir, Shin Tae Yong Pulang Ke Korea Selatan Lalu Akan Ke Malaysia”. Melansir dari http://bolasport.com, tujuan Shin Tae Yong ke Malaysia yaitu untuk menghadiri secara langsung drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran ketiga yang dilaksanakan di Kuala Lumpur, Malaysia.

Sementara itu, dilansir dari http://detik.com, kontrak Shin Tae Yong dalam melatih tim sepak bola Indonesia resmi diperpanjang hingga 2027. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pernyataan Shin Tae Yong gabung dengan timnas Malaysia tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://www.bolasport.com/amp/read/314105677/agenda-timnas-indonesia-berakhir-shin-tae-yong-pulang-ke-korea-selatan-lalu-akan-ke-malaysia

https://www.detik.com/bali/sepakbola/d-7309955/kontrak-shin-tae-yong-resmi-diperpanjang-hingga-2027