[SALAH] Penangkapan Triceratops Oleh Aparat

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Video tersebut merupakan promosi dari pihak pengelola untuk memperkenalkan wahana baru yang ada di Mojosemi Dinosaurus Park.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
==========
Kategori: Koneksi yang salah

Beredar sebuah pesan berantai dalam bentuk video yang memperlihatkan seekor hewan purba Triceratops digiring oleh sekelompok aparat. Hewan tersebut terlihat sedang diturunkan dari sebuah truk. Disebutkan pula yang hewan tersebut merupakan induk dari Triceratops.

NARASI:
Emaknya Triceratop ditangkap aparat ramai-ramai…bikin sedih anaknya… Hewan punah harusnya dilindungi dengan SOP yang sepadan. Bukan malah dibawa menggunakan truk seperti itu. Ini hewan punah di dunia. Dinasaurus

Sumber: WhatsApp
==========

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut sudah pernah beredar sebelumnya pada tahun 2020 dan sudah diklarifikasi pada laman artikel milik Turbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Video “Hewan Purbakala Yang Hanya Nampak Di Film² Kini Di Temukan Di Lereng Gunung Lawuh Magetan”. Video tersebut bukan merupakan hewan asli, melainkan robot.

Video tersebut diambil pada Senin (14/12/2020) dan berlokasi di Mojosemi Forest Park. Taman tersebut merupakan sebuah tempat wisata alam yang menyediakan berbagai area rekreasi, camping hingga koleksi robot dinosaurus. Adanya dinosaurus Triceratop yang beredar di media sosial pun diyakini salah satu tambahan robot dinosaurus di Mojosemi Forest Park tersebut.

Sedayu selaku pengelola Mojosemi Forest Park mengatakan, video tersebut merupakan promosi dari pihak pengelola untuk memperkenalkan wahana baru yang ada di Mojosemi Dinosaurus Park.

Dengan demikian, video tersebut bukan merupakan dinosaurus asli, sehingga masuk dalam kategori koneksi yang salah.

REFERENSI:
https://turnbackhoax.id/2020/12/15/salah-video-hewan-purbakala-yang-hanya-nampak-di-film%c2%b2-kini-di-temukan-di-lereng-gunung-lawuh-magetan/
https://www.google.com/amp/s/www.liputan6.com/amp/4433683/heboh-video-dinosaurus-triceratops-muncul-di-magetan-ini-fakta-di-baliknya