[SALAH] Bisnis Sandra Dewi Bangkrut Usai Harvey Moeis Ditetapkan Sebagai Tersangka Korupsi Timah

Hasil periksa fakta Ainayya.

Faktanya narator hanya memberitakan mengenai lima bisnis pribadi milik Sandra Dewi. Selain itu, diketahui bahwa tiga bisnis diantaranya sudah tidak aktif sejak tahun 2018 dan 2019.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/varchive/6U2zbBPANIw (YouTube)

=======

[NARASI]: “Tak Selalu Moncer, Bisnis Sandra Dewi Gulung Tikar Usai Harvey Moeis Korupsi 271 Triliun”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube Ruang Tumbuh pada 5 April 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa bisnis milik aktris Sandra Dewi mengalami kebangkrutan usai sang suami, Harvey Moeis, ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi timah Rp 271 triliun.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya narator hanya membaca ulang artikel milik Kabar Indramayu berjudul “Bisnis Sandra Dewi Dua Diantaranya tidak Aktif Bangkrut”.

Sumber: Kabar Indramayu

Artikel tersebut memberitakan mengenai beberapa bisnis yang dimiliki Sandra Dewi yakni bisnis perhiasan, kuliner, fashion, endorsement dan brand ambassador, serta kosmetik. Namun, bisnis kuliner dan fashion miliknya diketahui sudah tidak beroperasi lagi.

Lebih lanjut, dilansir dari suara.com, terdapat tiga bisnis milik Sandra yang sudah tidak aktif lagi jauh sebelum sang suami ditetapkan sebagai tersangka korupsi pada 27 Maret 2024. Tiga bisnis tersebut adalah bisnis cemilan bernama More Chips yang sudah tidak aktif sejak 2018, bisnis kue bernama Queen Roll yang sudah tidak aktif sejak 2019, dan bisnis fashion bernama SDW By Sandra yang sudah tidak beroperasi karena akun Instagram merek tidak ditemukan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube RUANG TUMBUH merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://kabarindramayu.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-3337914913/bisnis-sandra-dewi-dua-diantaranya-tidak-aktif-bangkrut?page=all
https://www.suara.com/lifestyle/2024/04/04/123704/nggak-selalu-moncer-ini-3-bisnis-sandra-dewi-yang-bangkrut
https://nasional.kompas.com/read/2024/04/05/03350041/kala-harvey-moeis-jadi-tersangka-pencucian-uang-usai-istrinya-diperiksa