[SALAH] Starbucks Ganti Brand Demi Hindari Boikot Produk Israel

Hasil periksa fakta Raymondha

Unggahan dengan narasi Starbucks mengganti nama jenama menjadi Vista Coffee akibat imbas aksi boikot produk Israel adalah salah. Faktanya, Vista Coffee hanyalah merek sementara, sebelum brand lokal baru akan menempati gerai tersebut secara permanen pada Maret 2024. Pergantian nama itu dilakukan karena kontrak Starbucks telah habis pada Desember 2023 lalu.

=========== 

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

=========== 

[SUMBER]: Facebook https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2024/06/@firman__nurhuda-•-Starbucks-melakukan-penggantian-nama-brand-menjadi-Vista-Coffe_-Kog-bisa_-apakah-karena-boycot-yg.-•-Threads-1.pdf (arsip) 

=========== 

[NARASI]: 

Starbucks melakukan penggantian nama brand menjadi Vista Coffe? Kog bisa? apakah karena boycot yg dilakukan sekelompok massa pro Palestina?

Sebagian orang berpendapat bahwa penggantian brand tsb, karena imbas boycot?

=========== 

[PENJELASAN]: 

Beredar unggahan di media sosial Threads dengan narasi Starbucks mengganti nama jenama (brand) menjadi Vista Coffee karena tidak tahan dengan boikot produk Israel. Dalam keterangan unggahan, si pengunggah menuliskan: Starbucks melakukan penggantian nama brand menjadi Vista Coffe? Kog bisa? apakah karena boycott yg dilakukan sekelompok massa pro Palestina?Sebagian orang berpendapat bahwa penggantian brand tsb, karena imbas boycot?

Setelah dilakukan pencarian gambar foto yang menjadi ilustrasi unggahan itu identik dengan foto yang diunggah oleh akun Instagram Khas Muslim, berikut tulisan “Waduh! Tidak tahan dengan boikot, Starbucks ganti nama jadi Vista Coffee”. Disebutkan bahwa lokasinya di Starbucks, Bandara Dublin, Irlandia.

Faktanya, pihak bandara menjelaskan bahwa Vista Coffee hanyalah merek sementara, sebelum brand lokal baru akan menempati gerai tersebut secara permanen pada Maret 2024. Melalui situs web resmi Bandara Dublin, pergantian nama itu dilakukan karena kontrak Starbucks telah habis pada Desember 2023 lalu. Pihak bandara menambahkan, perubahan tersebut merupakan bagian dari perombakan besar-besaran pada gerai makanan dan minuman (food and beverage/F&B) di T1 dan T2 dalam beberapa bulan mendatang.

Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan jika unggahan dengan narasi Starbucks mengganti nama jenama menjadi Vista Coffee akibat imbas aksi boikot produk Israel adalah salah. Faktanya, Vista Coffee hanyalah merek sementara, sebelum brand lokal baru akan menempati gerai tersebut secara permanen pada Maret 2024. Pergantian nama itu dilakukan karena kontrak Starbucks telah habis pada Desember 2023 lalu.

=========== 

 [REFERENSI] : 

https://www.instagram.com/p/C7xu6doJ4rn/?utm_source=ig_web_copy_link

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-7133497/bandara-dublin-jelaskan-alasan-starbucks-ganti-nama-jadi-vista-coffee

https://turnbackhoax.id/2024/03/17/salah-starbucks-menghindari-boikot-dengan-melakukan-rebranding-menjadi-vista-coffee

https://turnbackhoax.id/2024/02/06/salah-starbucks-berganti-nama-menjadi-vista-coffee-akibat-dampak-dari-kampanye-boikot