[SALAH] RUMAH MEWAH KETUA MK SUHARTOYO ROBOH

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Setelah melakukan penelusuran, faktanya robohnya dua rumah tersebut akibat adanya longsor di perumahan Citraland Bandar Lampung Selasa (26/1/2021) siang. dan bukan rumah milik ketua MK Suhartoyo.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: TIKTOK
https://archive.cob.web.id/archive/1718519921.05/index.html

=====

[NARASI]: detik detik rumah baru Suhartoyo ketua MK roboh #suhartoyo #ketuamk #jokowi

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Tiktok dengan nama pengguna “pencabutnyawa1945” mengunggah video dengan narasi rumah mewah ketua MK Suhartoyo roboh karena longsor.

Setelah melakukan penelusuran menggunakan Google Lens ditemukan gambar identik pada artikel milik suara.com dengan judul artikel “Longsor, Dua Rumah di Perumahan Elit Citraland Bandar Lampung Roboh”.

Jadi robohnya dua rumah tersebut akibat adanya longsor di perumahan Citraland Bandar Lampung Selasa (26/1/2021) siang. Rumah yang roboh itu berada di atas bukit di tepi jurang. Di sebelah rumah yang roboh berdiri bangunan rumah yang sedang dalam tahap pembangunan. Diduga tanah yang berada di atas bangunan longsor hingga mengakibatkan dua rumah roboh.

Dengan demikian klaim tentang rumah mewah ketua MK Suhartoyo roboh karena longsor adalah keliru dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://lampung.suara.com/amp/read/2021/01/26/151812/longsor-dua-rumah-di-perumahan-elit-citraland-bandar-lampung-roboh
https://news.detik.com/berita/d-5349659/2-rumah-di-lampung-roboh-akibat-longsor-timbun-kolam-ikan-kebun-warga