[PENIPUAN] Tautan DANA Kaget yang Diklaim Dapat Memberikan Uang

Hasil periksa fakta Raymondha

Narasi terkait link DANA Kaget memberikan uang adalah salah. Perusahaan layanan keuangan digital DANA justru menyatakan, bahwa DANA kaget adalah modus penipuan.

===========

[KATEGORI]: Konten Palsu

===========

[SUMBER]: Threads https://ghostarchive.org/archive/gXskv (arsip)

===========

[NARASI]: “Aku sebar DANA Kaget nih! Yuk, sikat segera sebelum melayang 💸💸💸

saldodanakaget.linkdana-id.biz.id

Klik aja link nya”

===========

[PENJELASAN]: 

Ditemukan sebuah unggahan di Threads berisi konten mengenai dana kaget. Akun tersebut menuliskan keterangan ‘Aku sebar DANA Kaget nih! Yuk, sikat segera sebelum melayang’.  Si pembuat konten juga mengimbau untuk mengklik tautan atau link yang disertakan pada unggahannya, yakni saldodanakaget.linkdana-id.biz.id, yang kemudian terlihat tulisan ‘Dana Kaget buatmu’.

Namun link tersebut tidak bisa memberikan uang, seperti yang diklaim pembuat konten yaitu dana kaget buatmu. Perusahaan layanan keuangan digital, DANA, justru menyatakan dana kaget adalah modus penipuan. Di situs resmi DANA Indonesia dijelaskan bahwa link Dana kaget adalah palsu. Tidak hanya itu, mereka juga menjelaskan perbedaan link yang benar-benar asli dikeluarkan perusahaan dengan yang palsu. 

Perusahaan ini juga menyebutkan beberapa modus penipuan yang mengatasnamakan DANA, di antaranya modus oknum yang mengatasnamakan DANA, modus sosmed DANA palsu, modus link DANA Kaget palsu, modus kartu fisik DANA palsu, dan modus link Palsu untuk memulihkan akun yang dibekukan.

Berdasarkan penemuan diatas dapat disimpulkan bahwa narasi terkait link DANA Kaget memberikan uang adalah salah. Perusahaan layanan keuangan digital DANA justru menyatakan, bahwa DANA kaget adalah modus penipuan.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.instagram.com/p/C65IzzRuqXT/?img_index=3

https://www.dana.id/corporate/newsroom/bye-modus-penipuan-yuk-cek-tips-aman-biar-transaksimu-nyaman?encode__1058=n4IxBDcD9DgieYK4GNDQTYBKA2xLaYe3O4D&alichlgref=https%3A%2F%2Fcekfakta.tempo.co%2F