[SALAH] Video Demo Salah Tangkap Pegi Setiawan di Kota Cirebon

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut merupakan momen pada saat arak-arakan tim sepak bola Persib Bandung ketika sampai di Kota Bandung. Arak-arakan tersebut dilakukan setelah klub asal Bandung tersebut secara resmi menjadi juara pada kejuaraan BRI Liga 1 2024.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Snack Video

https://bit.ly/4eqwxd1

= = =

Narasi:

“siap serbu cirebon. MERINDING!!! inilah demo besar-besaran di kota cirebon yang katanya akan digelar hari ini kait kasus salah tangkap pegi setiawan dalam kasus kejam vina cirebon. kamu wajib tahu, ribuan massa dikatakan akan menggelar demo besar-besaran hari ini.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video di Snack Video yang mengklaim merupakan momen pada saat demo besar-besaran di Kota Cirebon terkait kasus salah tangkap Pegi Setiawan dalam kasus pembunuhan Vina Cirebon.

Setelah ditelusuri dengan Google Lens, ditemukan postingan pada akun Threads @infobandungkota pada 1 Juni 2024 menampilkan video yang identik. Kemudian penelusuran berlanjut ke akun TikTok @infobandungkota, disebutkan pada captionnya bahwa video tersebut merupakan detik-detik konvoi kedatangan dari tim sepak bola Persib Bandung di Kota Bandung yang diketahui juara Liga Indonesia atau juga dikenal dengan BRI Liga 1.

Dengan demikian, video demo salah tangkap Pegi Setiawan di Kota Cirebon adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.threads.net/@infobandungkota/post/C7rF34qSR89

@infobandungkota

Detik Detik….. Saat Bus Parade Konvoi Sang Juara Liga Indonesia Melintas 🏆 . Bandung hari ini pecah banget, lautan biru semua pesta tumpah ruah dijalan menyambut SANG JUARA Liga Indonesia 2024 : PERSIB BANDUNG 🏆🔥 . . #infobandung #bandung #ibkmedia #bobotoh #persib #persibbandung #juara #longervideos #sepakbolaindonesia

♬ viva la vida – мσisєs

= = =