[SALAH] “Perundungan Ustads yang sedang pengajian Bantu sebarkan tangkap PKI”

MENYESATKAN, PELINTIRAN daur ulang. FAKTA: TIDAK berkaitan dengan Indonesia, lokasi peristiwa yang direkam di video yang dibagikan adalah di Kuala Lipis, Pahang, Malaysia. Peristiwa terjadi pada tahun 2022 lalu, pelaku sudah ditahan dan kasus sudah diproses.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: Facebook, https://archive.ph/9kuYP (arsip cadangan).

NARASI: “Perundungan terhadap Ustads yg sdg pengajisn.
Hayoloh Bantu sebarkan mudah2n
di tangkap ini PKI
Tolong cari info lokasi kejadian dimana.
JANGAN SAMPAI HAL INI MELUAS dan Sampai ke Nasib kita Semua…”

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu” [1]

SUMBER membagikan PELINTIRAN daur ulang yang sudah pernah diklarifikasi sebelumnya yang menyebabkan kesimpulan yang MENYESATKAN. FAKTA: TIDAK berkaitan dengan Indonesia, lokasi peristiwa yang direkam di video yang dibagikan adalah di Kuala Lipis, Pahang, Malaysia. Peristiwa terjadi pada tahun 2022 lalu, pelaku sudah ditahan dan kasus sudah diproses.

Verifikasi Video

Salah satu sumber dengan segmen video yang identik dengan konteks informasi yang BENAR, FMT pada 12 Agu 2022: “PETALING JAYA: Dua pria ditangkap karena diduga menganiaya seorang ustaz dan seorang pelajar di sebuah pusat tahfiz di Pahang kemarin. …” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Artikel periksa fakta yang sebelumnya, turnbackhoax.id pada 11 Jan 2024: “MENYESATKAN, video yang dibagikan TIDAK berkaitan dengan Indonesia. FAKTA: lokasi peristiwa adalah di Kuala Lipis (Pahang, Malaysia) yang terjadi pada tahun 2022 lalu, pelaku sudah ditahan dan kasus sudah diproses.” [3]

REFERENSI

[1] https://firstdraftnews-org.translate.goog/long-form-article/understanding-information-disorder/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=en-US&_x_tr_pto=nui / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] https://www-freemalaysiatoday-com.translate.goog/category/nation/2022/08/12/ustaz-assaulted-over-price-of-food-at-tahfiz-centre/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id / https://archive.ph/y9py4 (arsip cadangan).

[3] https://turnbackhoax.id/2024/01/11/salah-hanya-di-era-rezim-ini-para-musuh-islam-di-lindungi/ / https://archive.ph/ItZXF (arsip cadangan).