[SALAH] Astronot NASA Mendengar Adzan di Luar Angkasa

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya video tersebut berasal dari video Youtube yang berjudul “Action Cam Footage from U.S. Spacewalk #41”, potongan video serupa dapat kita lihat pada menit ke 5:42 dan di video aslinya ini tidak ada suara adzan yang berkumandang.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: Tiktok https://arsip.cekfakta.com/archive/1718900733.754183/index.html (arsip)

===========

[NARASI]:

astronot pertama mendengar suara azan.. kalian ingat siapa

===========

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah video di Tiktok menampilkan seorang astronot yang sedang berada di luar kapal angkasanya nampak sedang memperbaiki sesuatu dan dalam video tersebut juga terdengar suara adzan yang berkumandang sangat jelas.

Untuk memastikan kebenarannya dilakukan pencarian sumber asli video tersebut dengan menggunakan bantuan sistem pencarian gambar, Google Lens. Setelah dilakukan pencarian ditemukan hasil jika video tersebut identik dengan video di Youtube berjudul “Action Cam Footage from U.S. Spacewalk #41” yang diunggah pada tahun 2017 lalu.

Potongan video yang diunggah di Tiktok tersebut dapat kita lihat pada menit ke 5:42, dan di video aslinya, tidak ada suara adzan yang berkumandang di luar angkasa pada saat astronot tersebut memperbaiki kapal angkasanya, dengan demikian maka dapat disimpulkan jika video tersebut merupakan hasil manipulasi.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=5NE96oJsQRA