[SALAH] Video “Emas Hitam Keluar dari Tanah Ketika Penggalian Tanah untuk Proyek Tol di Jawa Timur”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya cairan hitam dalam video tersebut bukan emas hitam melainkan limbah yang bocor saat penggalian tanah dengan alat berat di Amerika Serikat.

= = =

Kategori: Konteks yang Salah

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.is/lyNoi

= = =

Narasi:

“Emas hitam tiba-tiba keluar dari tanah ketika dilakukan penggalian tanah untuk proyek tol di Jawa Timur.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video di Twitter yang menunjukkan cairan hitam keluar dari tanah saat penggalian tanah dengan alat berat yang diklaim cairan hitam tersebut merupakan emas hitam yang keluar saat pengerjaan proyek tol di Jawa Timur.

Setelah ditelusuri dengan Google Lens ditemukan artikel Periksa Fakta Mafindo yang telah menemukan fakta bahwa penggalian tanah tersebut berada di Amerika Serikat, bukan di Jawa Timur.

Dilansir dari AFP, cairan hitam tersebut keluar dari tanah akibat terdapat kebocoran pipa limbah saluran pembuangan saat penggalian tanah.

Dengan demikian, emas hitam keluar saat penggalian tanah proyek jalan tol di Jawa Timur adalah tidak benar dengan kategori Konteks yang Salah.

= = =

Referensi:

https://lens.google.com/search?ep=gsbubb&hl=id&re=df&p=AbrfA8q60bLnMtZy1r5xODk_gj_9tMLbSeuRHbTGsyBE130PB5On6C1URwannPjokJUzVOtIumIxEAuK68UKtE7SkYNdElCeo4i9WgiQeYwwNEIhaAQu2vktY2XbAnsz1Hq7cIyPRnV322RKd0_QHCACAepq2qfyMor9WUvOuoWjQcWQ9JOJKdNGCvXFLknNLnHJXdcmWlCzDMWG4A%3D%3D#lns=W251bGwsbnVsbCxudWxsLG51bGwsbnVsbCxudWxsLG51bGwsIkVrY0tKR1kwWmpkak1EUTRMV1poTkdNdE5ERmhOeTA1TkdSaUxUSTJOMlprT1RRd05XRTFPQklmVlY5S2RXdDVaRlZTZURoWmMwWldkMUYzZG5veE4wVkhiV1J3VTBGNGF3PT0iXQ==

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34GL9RF

= = =