[SALAH] Presiden Jokowi Dilengserkan 13 Juni 2024

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya isi video hanya berisi tentang respon kontra dari Direktur Eksekutif CERI, Yusri Usman, perihal keputusan Presiden Jokowi untuk memberikan izin usaha tambang kepada ormas keagamaan.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/UaRoPy0bQuA (arsip)

===========

[NARASI]:

MENGGEMPARKAN‼️TEPAT MALAM JUMAT J0K0WI LENGSER GARA2 KELAKUAN FATAL INI

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di Youtube yang membagikan sebuah klaim pada judul jika pada malam 13 Juni 2024 yang lalu Jokowi telah dilengserkan akibat dari kesalahan yang fatal.

Saat disimak isi video tersebut hanya mengulas mengenai penerbitan izin usaha tambang untuk organisasi keagamaan yang dilakukan oleh Presiden Jokowi. Oleh sebab itu Jokowi dianggap berpotensi dimakzulkan karena melanggar perundang-undangan.

Meski demikian, hingga artikel ini dibuat tidak ada pemberitaan mengenai pemakzulan Presiden Jokowi atas dasar hal tersebut.

Inti dari video hanya berisi mengenai respon kontra dari Direktur Eksekutif CERI, Yusri Usman, perihal keputusan Presiden Jokowi untuk memberikan izin usaha tambang kepada ormas keagamaan yang mana bertentangan dengan amanah UU Minerba Nomor 3 Tahun 2020.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.tribunnews.com/tribunners/2024/06/09/terbitkan-izin-usaha-tambang-untuk-ormas-keagamaan-apakah-jokowi-bisa-dimakzulkan