[SALAH] Kecam Kekejaman Zionis Israel, Ronaldo Bentangkan Bendera Palestina

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya foto asli menunjukkan Ronaldo membentangkan bendera Portugal, bukan bendera Palestina. Foto yang dijadikan bukti dalam postingan tersebut telah dimanipulasi.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/3VpD5zM

= = =

Narasi:

“Bintang Sepakbola Portugal Cristiano Ronaldo ikut mengecam atas kekejaman zionis Israel terhadap warga Palestina.”

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari Kompas.

Sebuah unggahan di Facebook membagikan foto yang menunjukkan Christiano Ronaldo membentangkan bendera Palestina karena ikut mengecam serangan Israel terhadap warga Palestina.

Namun setelah ditelusuri Tim Cek Fakta Kompas menemukan bahwa foto tersebut identik dengan foto pada laman Getty Images yang menunjukkan Ronaldo membentangkan bendera negara asalnya yakni Portugal, bukan bendera Palestina.

Foto asli tersebut adalah momen perayaan atas kemenangan keberhasilan Real Madrid meraih Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Spanyol pada 2017 saat dirinya masih membela Real Madrid.

Dengan demikian, foto Ronaldo membentangkan bendera Palestina karena mengecam Israel adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/06/11/184000282/-klarifikasi-foto-ronaldo-bentangkan-bendera-portugal-bukan-palestina

= = =