[SALAH] Indra Sjafri Dipecat PSSI

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, unggahan tersebut tidaklah benar. Isi video tidak menyebutkan bahwa Indra Sjafri dipecat PSSI, melainkan membacakan berita tentang alasan Indra Sjafri tidak memanggil Marselino dalam pertandingan Touloun di Prancis.

====
[KATEGORI] Konten menyesatkan

====
[SUMBER] Youtube
https://bit.ly/3RoIzda

====
[NARASI]
SANGAT TRAGIS !! Indra Sjafri Dilengserkan Oleh PSSI Dari Jabatannya Dan Langsung Ada Penggantinya

====
[PENJELASAN]
Sebuah unggahan di Youtube menyatakan bahwa Indra Sjafri selaku pelatih tim nasional sepak bola Indonesia dilengserkan oleh PSSI. Video ini diunggah oleh kanal Youtube Free Kick Timnas pada 13 Juni 2024.

Setelah melihat video secara keseluruhan, unggahan tersebut tidak menyebutkan bahwa Indra Sjafri dipecat oleh PSSI. Video tersebut hanya menyampaikan pernyataan tentang keputusan Indra Sjafri yang tidak memanggil Marselino Ferdinand dalam pertandingan Touloun Cup di Prancis. Pemeriksa fakta mencoba mencari pernyataan tersebut dan menemukan di laman Jawapos dengan judul “Terungkap Alasan Indra Sjafri Tak Izinkan Marselino Ferdinan Bela Timnas Indonesia U-20 di Toulon Cup 2024”. Selain itu, diketahui dari Instagram pribadinya Indra Sjafri masih aktif membagikan aktivitasnya sebagai pelatih dan kini sedang berada di Prancis membina Tim Indonesia U-20 dalam pertandingan Touloun 2024.

Dengan demikian, tidak benar pernyataan tentang Indra Sjafri dipecat PSSI.

====
[REFERENSI]
https://www.jawapos.com/sepak-bola-indonesia/amp/014657641/terungkap-alasan-indra-sjafri-tak-izinkan-marselino-ferdinan-bela-timnas-indonesia-u-20-di-toulon-cup-2024

https://www.instagram.com/indrasjafri_coach?igsh=MTI4NzVwMzF3a3R1dw==