[SALAH] Video Kapolri Berikan Perintah untuk Menutup Kasus Vina Cirebon

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya video tersebut merupakan rekaman lama ketika Kapolri, Listyo Sigit, mengingatkan kepada para perwira tinggi Polri agar melakukan tugasnya dalam mendisiplinkan bawahan mereka.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Snack Video https://ghostarchive.org/archive/EVCLU (arsip)

===========

[NARASI]:

Tutup kasus vina cirebon karena ini soal organisasi, bukan untuk netizen dll

===========

[PENJELASAN]:

Disadur dari artikel AFP.

Beredar sebuah video di Snack Video yang melihatkan jika Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, telah memerintahkan kepada seluruh anak buahnya untuk menutup kasus pembunuhan Vina Cirebon karena menyangkut persoalan organisasi.

Namun, berdasarkan hasil penelusuran AFP rupanya video tersebut berasal dari video berjudul “UPACARA TUPDIK SESPIMTI DIKREG KE- 30, SESPIMMEN DIKREG KE- 61 & SESPIMMA ANGKATAN KE- 66 TA. 2021” yang diunggah di Youtube pada tahun 2021 lalu.

Potongan klip yang digunakan di unggahan Snack Video tersebut sesuai dengan video pada jam ke-2:14:45. Dalam konteks video aslinya, Listyo Sigit mengingatkan kepada para perwira tinggi Polri agar melakukan tugasnya dalam mendisiplinkan bawahan mereka.

Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan jika video yang beredar di Snack Video tersebut bukan tentang kasus pembunuhan Vina Cirebon, melainkan himbauan dari Kapolri mengingatkan para perwira tinggi Polri untuk melakukan tugasnya dalam mendisiplinkan bawahan mereka.

===========

 [REFERENSI] :

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.34VZ8W4

https://www.youtube.com/live/dr5To-w8nSM?t=8085s