[SALAH] Video Demo Besar-Besaran di Cirebon Aksi Bela Pegi

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah

Video yang diklaim demo besar-besaran di Cirebon pada tanggal 1 Juni 2024 untuk membela Pegi tidak benar. Faktanya, video tersebut sudah ada sejak 2021, tepatnya di tanggal 30 November 2021 merupakan aksi demonstrasi buruh di Kota Surabaya.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: konten yang menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Instagram
https://archive.cob.web.id/archive/1718586684.817889/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“Demo Besar-besaran di kota Cirebon pada hari ini tgl 1 Juni 2024 untuk membela korban salah tangkap ( Pegi) dan meminta keadilan atas kasus nya Vina yg sudah 8thn tidak selesai

fbpro #reels #fyp #viral #trending #demo #reelsfyp #reelsviral #jangkauanluas #fbproviral “

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Instagram indra_irawan_s memposting sebuah video yang memperlihatkan kendaraan beramai-ramai sedang memenuhi jalan. Ketiga ruas jalan tersebut dipenuhi oleh kendaraan yang maju ke arah yang sama. Kendaraan tersebut terdiri dari motor dan beberapa truk. Terlihat juga beberapa orang yang membawa Bendera beragam warna. Pada caption postingan terdapatnya bahwa video tersebut merupakan demo besar-besaran di Kota Cirebon pada 1 Juni 2024. Dewa tersebut digelar untuk membela korban Selatan Pegi dan meminta keadilan atas kasus Vina yang 8 tahun tidak selesai.

Setelah saya telusuri menggunakan InVid ditemukan video yang identik dengan postingan pada kanal YouTube ARSEGRO FC yang diunggah pada 1 Desember 2021. Postingan tersebut disertai keterangan “Surabaya 30 November 2021 Buruh Jawa Timur √ #trending #youtubers #buruh #demoburuh. Selain pada YouTube video yang identik terdapat pada akun Facebook Gallery Video Hiburan, keterangan postingan menuliskan hal yang sama yaitu “Surabaya 30 November 2021”. Kedua tersebut dikatakan identik berdasarkan bentuk ruas jalan yang mana satu dari tiga ruas jalan tersebut merupakan jalan layang. Selain itu kendaraan yang ada dalam video sama dengan video postingan Instagram.

Setelah ditelusuri lebih lanjut pada 30 November 2021 di Surabaya terjadi aksi demonstrasi buruh berlokasi di gedung negara Grahadi Kota Surabaya. Pada momen demo tersebut menuntut kenaikan Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) serta mendesak Gubernur Jawa Timur yang saat itu masih dijabat oleh Khofifah Indar Parawansa agar menjalankan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 91/PUU-XVIII/2020.

Dengan demikian video yang diklaim demo besar-besaran di Cirebon pada tanggal 1 Juni 2024 untuk membela Pegi tidak benar. Video tersebut sudah ada sejak 2021, tepatnya di tanggal 30 November 2021 merupakan aksi demonstrasi buruh di Kota Surabaya, sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.youtube.com/watch?v=o7jY2rpqS1w
https://web.facebook.com/watch/?extid=CL-UNK-UNK-UNK-AN_GK0T-GK1C&mibextid=Nif5oz&v=1028980877897103
https://turnbackhoax.id/2024/01/20/salah-demo-mahasiswa-dan-warga-di-gedung-sate-tuntut-jokowi-turun/