[SALAH] Nadiem Makarim Langsung Diseret ke KPK oleh Anggota DPR, Anita Jacoba

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya isi video hanya berisi tentang ulasan kejadian saat Anita Jacoba memarahi Nadiem Makarim saat rapat kerja Komisi X bersama Mendikbudristek beserta jajaran di Gedung Nusantara I DPR RI, tidak ada bukti jika Nadiem langsung diseret ke KPK setelah peristiwa tersebut.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/zO9IlDdVmw4 (arsip)

===========

[NARASI]:

SIDANG DPR RICUH‼️NADIEM BABAK BELUR, ANGGOTA DPR INI SERET LANGSUNG NADIEM KE KPK

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di Youtube yang membagikan sebuah klaim pada judul jika Nadiem Makarim diseret ke KPK oleh salah satu anggota DPR RI.

Namun saat disimak isi video tersebut hanya mengulas mengenai kejadian saat Nadiem Makarim disemprot oleh anggota DPR, Anita Jacoba Gah, saat rapat kerja Komisi X bersama Mendikbudristek beserta jajaran di Gedung Nusantara I DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu, 5 Juni 2024.

Dalam kejadian tersebut emosi Anita Jacoba tidak terbendung lagi saat menemukan banyaknya anggaran pendidikan yang menurutnya dialokasikan tidak sesuai porsinya. Anita Jacoba Gah meminta KPK turun tangan dan memeriksa Kemendikbudristek. Ia menduga ada tindak pidana korupsi yang berjalan di kementerian tersebut.

Meski demikian, hingga artikel ini dibuat pihak KPK belum melakukan pemeriksaan terhadap Nadiem Makarim, sehingga klaim yang menyebutkan jika Nadiem langsung diproses KPK seusai disemprot oleh salah satu anggota DPR adalah tidak benar.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20240319200206-92-1076337/dpr-sentil-erick-pilih-orang-tak-jelas-jadi-bos-bumn-berbau-politik