[SALAH] Merokok Dapat Memperpanjang Umur

Informasi yang menyesatkan Faktanya, sekitar 50 persen perokok mati akibat penyakit yang disebabkan rokok, berarti kesempatan hidupnya 1:2. Sedangkan perokok yang berumur panjang, satu banding 100.
=================================
KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN
=================================
NARASI:
Mengapa orang-orang merokok? — untuk memperpanjang usia

SUMBER:  akun Twitter Frendi Perdana https://archive.md/vW0NV (Arsip)


==================================
PENJELASAN:

Dokter spesialis kandungan Hakim Sorimuda Pohan rata-rata pasien mengidap kanker yang ditanganinya berasal dari lingkungan berasap rokok. Perokok aktif dan perokok pasif. Dikutip dari laman detik.com, Hakim menyampaikannya dalam Round Table Discussion bertema Menyatukan Suara Dokter dan Korban dalam Perjuangan Pengendalian Rokok di Indonesia.

Asap rokok dapat menyebabkan kanker leher rahim. Asap yang beredar masuk ke dalam tubuh melalui hidung dan paru-paru, lalu masuk ke kapiler pembuluh darah. Selanjutnya reaksi dari zat tersebut tersebar lewat darah sampai ke leher rahim. Salah seorang pasien mengidap kanker leher rahim karena keluarganya merokok. Sekitar 50 persen perokok mati akibat rokok, berarti kesempatan hidupnya 1:2. Sedangkan perokok yang berumur panjang, satu banding 100.

Perkiraan masa hidup seorang pria berusia 20 tahun yang tidak akan pernah mulai merokok adalah 56,7 tahun, 48,7 (interval kepercayaan 95% (CI), 46,8 hingga 50,7) tahun di antaranya diperkirakan dalam kondisi kesehatan yang baik. Sedangkan pria yang perokok berat adalah 49,5 tahun, 36,5 (95% CI 35,0 hingga 38,1) tahun dalam kondisi kesehatan yang baik.

Seorang wanita berusia 20 tahun yang tidak merokok memiliki harapan hidup hingga 60,9 tahun, dengan 46,4 (95% CI 44,9 hingga 47,8) tahun dalam kondisi kesehatan yang dinilai baik; jika ia adalah perokok berat, harapan hidupnya berkurang hingga 53,8 tahun, 33,8 (95% CI 31,7 hingga 35,9) tahun dalam kondisi kesehatan yang dinilai baik.

Harapan hidup berdasarkan penyakit yang sudah berlangsung lama berkurang bagi perokok jika dibandingkan dengan yang tidak pernah merokok.
====================
REFERENSI:


https://health.detik.com/ulasan-khas/d-2199143/panjang-umur-meski-merokok-itu-hanya-1-dari-100-orang
https://tobaccocontrol.bmj.com/content/10/3/273

*Artikel ini merupakan bagian dari program kerja sama Mafindo dengan Komnas Pengendalian Tembakau.