[PENIPUAN] Soimah Berbagi Uang 35 Juta dalam Rangka Idul Adha

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Tidak benar bahwa Soimah memberikan uang 35 juta dalam rangka menjelang Idul Adha, akun yang mengatasnamakan Soimah tersebut dapat diindikasi sebagai akun penipuan.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/MVNmN (arsip)

===========

[NARASI]: Nazar Saya, Menjelang hari raya idul adha

35.000.000 untuk kalian!! yg bisa tngkp gambar sapi dengan pas garis

===========

[PENJELASAN]: 

Ditemukan sebuah akun Tiktok yang mengatasnamakan salah satu artis Indonesia, Soimah, dengan nama akun @solmahpancawaltl_real mengunggah postingan yang mengatakan jika ia sedang berbagi uang 35 juta rupiah dalam rangka Idul Adha.

Sebelum-sebelumnya turnbackhoax.id juga sudah sering menemukan unggahan-unggahan serupa mengenai adanya akun yang mengatasnamakan Soimah mengaku sedang mengadakan giveaway berupa uang jutaan rupiah dan sepeda motor.

Soimah sudah pernah membuat pernyataan melalui Instagram resminya @showimah yang mengatakan jika dirinya tidak pernah melakukan giveaway dalam bentuk apapun di sosial media. Sebagai tambahan, akun Tiktok resmi milik Soimah adalah @soimah_pancawati bukan @solmahpancawaltl_real.

Melalui pernyataan dari Soimah maka dapat disimpulkan jika semua akun yang mengatasnamakan dirinya tersebut merupakan akun palsu yang dapat dipastikan sebagai modus penipuan online. 

===========

 [REFERENSI] :

https://www.instagram.com/p/CJVMGCwrpwC

https://www.tiktok.com/@soimah_pancawati?lang=en