[SALAH] Palestina Resmi Menjadi Anggota PBB Pada Bulan Mei

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Setelah melakukan penelusuran, faktanya Palestina pernah mengajukan permohonan menjadi anggota penuh PBB pada 2011, tetapi gagal karena tidak mendapatkan jumlah dukungan yang dibutuhkan. Dilansir Al Jazeera, pada 2 April 2024, Otoritas Palestina secara resmi meminta kepada Dewan Keamanan untuk mempertimbangkan ulang permohonan keanggotaan penuh. Namun, hingga saat ini, belum ada informasi resmi mengenai Palestina menjadi keanggotaan PBB. Dalam laman resmi PBB, tidak terdapat negara Palestina dalam urutan negara keanggotaan PBB.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: TIKTOK
https://archive.cob.web.id/archive/1717667206.413995/index.html

=====

[NARASI]: “Sidang PBB telah menerima Palestina menjadi anggota. Alhamdulillah palestina Merdeka
Jika Palestina telah merdeka. negeri yg paling aman hanya ada di palestin

=====

[PENJELASAN]:
Artikel saduran dari Kompas.com.
Sebuah akun Tiktok dengan nama pengguna “daunmuda196” mengunggah video dengan narasi Palestina resmi menjadi anggota PBB pada bulan Mei.

Setelah ditelusuri di Google dengan menggunakan kata kunci seperti pada narasi dalam video, faktanya Palestina pernah mengajukan permohonan menjadi anggota penuh PBB pada 2011, tetapi gagal karena tidak mendapatkan jumlah dukungan yang dibutuhkan.

Dilansir Al Jazeera, pada 2 April 2024, Otoritas Palestina secara resmi meminta kepada Dewan Keamanan untuk mempertimbangkan ulang permohonan keanggotaan penuh.
Majelis Umum PBB pada 10 Mei 2024 menyetujui resolusi yang mendukung upaya Palestina untuk menjadi anggota penuh PBB.

Namun, resolusi tersebut tidak memberikan keanggotaan penuh PBB kepada Palestina, melainkan mengakui bahwa mereka memenuhi syarat untuk bergabung sebagai anggota.

Dengan demikian, klaim tentang Palestina resmi menjadi anggota PBB pada bulan Mei adalah keliru dan masuk kategori knten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/05/15/084000682/bagaimana-status-keanggotaan-palestina-di-pbb-
https://www.antaranews.com/berita/4139136/palestina-resmi-menjadi-anggota-pbb-pada-bulan-mei-benarkah