[SALAH] Pendukung Perjuangan Palestina Ditangkap Dan Dipukuli di Stadion Spanyol

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Video tersebut merupakan insiden pada pertandingan pra-musim yang dimainkan di Swiss, di mana seorang pendukung Benfica asal Portugal dipukuli.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
==========
Kategori: Konten yang menyesatkan

Beredar sebuah video oleh akun Twitter @Abahpurwa1, dalam video tersebut terlihat seorang yang diduga supporter sedang berlari di area lapangan dengan membawa sejenis spanduk. Tak lama kemudian, sekelompok polisi langsung mengamankam aksi pria tersebut, terlihat juga polisi yang bertugas memukul supporter tersebut dengan alat yang dibawanya. Hal itu memicu keributan dari pemain dan penonton sehingga masuk di dalam area lapangan. Dalam narasi yang dituliskan, aksi tersebut merupakan pemukulan yang dialami oleh pejuang Palestina.

NARASI:
Di satu stadion Spanyol, seorang pendukung perjuangan Palestina ditangkap polisi lalu dipukuli, tapi lihatlah bagaimana bnyaknya penonton turun membelanya!!!

Sumber: Twitter https://archive.is/CD0xq Arsip
==========

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran dengan menggunakan tools yandex, ditemukan sebuah akun YouTube dengan konten serupa. Pada akun YouTube milik @azorespower, video tersebut diunggah pada tahun 2012. Video serupa lainnya juga muncul dan diunggah pada tahun 2011.

Dalam kolom komentar pada unggahan YouTube tersebut juga terdapat penjelasan terkait dengan kejadian yang sebenarnya. Akun milik @alexstudieshistory5823 menjelaskan bahwa Insiden ini terjadi pada pertandingan pra-musim yang dimainkan di Swiss, di mana seorang pendukung Benfica asal Portugal dipukuli.

Selain itu, salah satu akun Twitter @CelsoACaccamo juga mengunggah konten yang sama, ia turut menjelaskan bahwa itu terjadi pada pertandingan Benfica di Swiss beberapa tahun yang lalu. Dalam video yang ditampilkan, berbunyi “Pria itu menghindari keamanan dan memasuki lapangan sambil menunjukkan pesan dukungan kepada wasit”.

Dengan demikian, aksi pemukulan yang dilakukan oleh polisi kepada pejuang Palestina adalah tidak benar, sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.youtube.com/watch?v=89QB2e48VNs
https://www.youtube.com/watch?v=azcWjmGBSpE
https://twitter.com/CelsoACaccamo/status/1798498065286070556