[SALAH] “Jadi odgj karena kecanduan game onlen”

MENYESATKAN, hoaks daur ulang. BUKAN tentang terkena gangguan jiwa karena kecanduan permainan daring, FAKTA: video yang dibagikan adalah hasil SUNTINGAN menggunakan filter “Crazy Eyes”.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: X/Twitter, https://archive.ph/JrQ0r (arsip cadangan).

NARASI: “Ooo..Tuhan….Jangan sampai menimpa di keluarga kita. Yuk Awasi adek, anak, ponakan, saudara demi masa depan mereka 🙏”

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu” [1]

SUMBER membagikan hoaks daur ulang yang sudah pernah diklarifikasi sebelumnya yang menyebabkan kesimpulan yang MENYESATKAN. BUKAN tentang terkena gangguan jiwa karena kecanduan permainan daring, FAKTA: video yang dibagikan adalah hasil SUNTINGAN menggunakan filter “Crazy Eyes”.

Verifikasi Video

Sumber video, ravenanandio di Instagram pada 5 Desember 2019: “Terus awasi buah hati anda.” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Artikel periksa fakta yang sebelumnya, turnbackhoax.id pada 7 Des 2019: “Video suntingan. Pembuat video tersebut telah menyatakan bahwa dia membuat video tersebut dengan fitur filter instagram. Dia juga menyatakan bahwa matanya masih normal dan dia bukanlah Iwan yang disebut di video tersebut.” [3]

turnbackhoax.id: “Hasil pencarian atas crazy eyes” [4]

TikTok: “Discover videos related to crazy eyes filter on TikTok. See more videos about Chelsea Lee Art Keisha Louise, Daniel Ricciardo Saying His Name, King Duvet in Queen Cover, Iffy0601, Feniksad Kyla, Ps3 Headphone.” [5]

REFERENSI

[1] https://firstdraftnews-org.translate.goog/long-form-article/understanding-information-disorder/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=en-US&_x_tr_pto=nui / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] https://www.instagram.com/p/B5rbWpvlBMu/ / https://archive.ph/nUEDt (arsip cadangan).

[3] https://turnbackhoax.id/2019/12/07/salah-lagi-korban-kecanduan-game-online-jadi-gila/ / https://archive.ph/KZGGm (arsip cadangan).

[4] https://turnbackhoax.id/?s=crazy+eyes / https://archive.ph/dTtVq (arsip cadangan).

[5] https://www.tiktok.com/discover/crazy-eyes-filter?lang=en / https://archive.ph/wNRVx (arsip cadangan).