[PENIPUAN] Poster Lowongan Pekerjaan Pertamina Juni 2024

Hasil periksa fakta Raymondha

Tidak benar bahwa Pertamina mengumumkan pendaftaran lowongan pekerjaan pada bulan Mei 2024 ini pada platform sosial media Tiktok, akun yang mengatasnamakan Pertamina tersebut dapat diindikasi sebagai akun penipuan.

===========

[KATEGORI]: Konten tiruan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/y1ekT  (arsip)

===========

[NARASI]: “Loker Terbaru Pertamina”

===========

[PENJELASAN]: 

Ditemukan sebuah unggahan Tiktok yang membagikan sebuah unggahan mengenai adanya lowongan pekerjaan oleh Pertamina pada Juni 2024. Unggahan tersebut berisikan beberapa slide poster jika PT. Pertamina Group membuka lowongan pekerjaan di tahun 2024 untuk lulusan SMA, SMK, D3, dan S1. 

Namun rupanya unggahan tersebut berisi informasi yang tidak benar, karena melalui laman Facebook resmi milik Pertamina sendiri mereka menjelaskan jika bahwa semua informasi mengenai rekrutmen pegawai Pertamina hanya dapat diakses melalui website recruitment.pertamina.com.

Selain itu informasi lowongan juga dapat dilihat di akun instagram @pertaminacareer, tapi jika kita cek ke Instagramnya tersebut pihak Pertamina belum mengumumkan adanya open rekrutmen di tahun 2024 ini.

Sehingga dapat dipastikan bahwa lowongan tersebut tidak benar karena pihak Pertamina sendiri menegaskan jika segala bentuk informasi rekrutmen hanya dapat diakses melalui website resmi mereka. 

Sebelumnya turnbackhoax.id juga pernah menemui temuan serupa di Tiktok yang mengatakan jika Pertamina membuka lowongan pekerjaan di bulan Januari 2024 lalu.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.facebook.com/pertamina/posts/pfbid0oovjEhnje3ufFJw2X7Cn7QmUvMohTZ9tJNiW85J5UpsorTdjyXH9NbHmUks7cZ5ul

https://www.instagram.com/pertaminacareer

https://turnbackhoax.id/2024/01/20/salah-poster-lowongan-pertamina-2024-di-tiktok