[SALAH] Video “Linda Ditangkap Bawa Rekam Jejak Kasus Vina Cirebon”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut tidak menunjukkan penangkapan Linda yang disebut sebagai sahabatnya Vina yang menjadi korban kasus pembunuhan dan pemerkosaan di Cirebon pada 2016. Video penangkapan yang dijadikan bukti dalam postingan tersebut merupakan penangkapan kasus yang berbeda. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Snack Video

https://bit.ly/3KAFkvb

= = =

Narasi:

“LINDA SAHABAT VINA DITANGKAP BUKA FAKTA BARU”

“Linda ditangkap Bawa Rekam Jejak Kasus Vina Cirebon, Polisi Temukan Fakta Baru!!!”

“Bukannya bagaimana untuk bisa membantu pengungkapan kasus tersebut justru statmen LINDA menyalahkan keluarga pihak korban dengan ungkapan status sebagai korban yg masih hidup gara” rekaman suaranya”

“Akhirnya Linda pun muncul ke publik”

= = =

Penjelasan:

Sebuah unggahan di Snack Video menyebarkan informasi yang menyebut bahwa Linda, sahabat dari Vina, korban pembunuhan dan pemerkosaan di Cirebon telah ditangkap. Disebutkan juga Linda membawa rekaman suara sehingga polisi temukan fakta baru dan Linda juga mengeluarkan pernyataan yang menyalahkan keluarga korban.

Setelah ditelusuri tidak ditemukan sumber valid yang menyatakan bahwa Linda ditangkap polisi, hanya ditemukan sumber berita dari Kompas.com yang menyebut Linda diperiksa di Mapolresta Cirebon, bukan ditangkap polisi.

Video yang ditampilkan dalam postingan tersebut tidak berkaitan dengan kasus pembunuhan dan pemerkosaan Vina di Cirebon. Sebelumnya Pemeriksa Fakta Mafindo menemukan bahwa video yang menunjukkan seorang wanita dengan baju tahanan berwarna oranye merupakan tersangka penyelundupan 10.000 pil ekstasi dari Malaysia.

Sedangkan video yang menunjukkan seorang wanita berjilbab hitam yang sedang dimintai keterangan oleh polisi merupakan penangkapan kasus pencurian emas untuk berlibur dan membeli ponsel untuk pacarnya di Aceh.

Dengan demikian, Linda sahabat Vina ditangkap dan membawa rekam jejak kasus pembunuhan di Cirebon adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.tv/regional/510836/linda-semalam-diperiksa-polisi-dicecar-30-pertanyaan-ngaku-tak-dekat-dengan-vina-tidak-kenal-pegi

= = =