[SALAH] Video Demo Tukang Bangunan Bela Pegi

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah

Video yang diklaim demo tukang bangunan untuk membela Pegi tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan aksi demo mahasiswa pada 2022. Tidak ada kaitannya dengan pembelaan Pegi di kasus Vina.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1717679094.504769/screenshot.png

= = = = =

NARASI:
“TERJADINYA DEMO BESAR I BELA PEGI I SELURUH TUKANG BANGUNAN SERBU KANTOR DPRD KOTA CIREBON #reels #pegi #cirebon #viral #kasusvina #fyp #vina”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Fikri Ramdani memposting sebuah video yang memperlihatkan kerumunan orang sedang berada di depan gedung DPRD Kota Cirebon. Video tersebut diklaim merupakan aksi demo oleh tukang bangunan untuk membela Pegi.

Setelah ditelusuri menggunakan Invid dengan cara memasukan video ke tools kemudian terbagi menjadi beberapa potong gambar. Potongan gambar tersebut kemudian ditelusuri menggunakan Google Image dan ditemukan gambar yang identik pada gambar dalam artikel mediapatriot.co.id dalam artikel disebutkan bahwa demo tersebut dilakukan oleh mahasiswa di Gedung DPRD Cirebon pada Kamis,7 April 2022.

Setelah menelusuri terkait demo mahasiswa di Gedung DPRD Cirebon pada tanggal yang disebut dalam artikel ditemukan informasi bahwa demo tersebut berkaitan dengan penolakan 3 periode Presiden Joko Widodo, tolak kenaikan BBM, stabilkan kebutuhan pangan masyarakat Indonesia. Dan tolak RUU Ibu Kota Negara (IKN). Aksi demo tersebut ricuh saat mahasiswa merangsek masuk ke area dalam Gedung Dewan.

Dengan demikian video yang diklaim demo tukang bangunan untuk membela Pegi tidak benar. Video tersebut merupakan aksi demo mahasiswa pada 2022. Tidak ada kaitannya dengan pembelaan Pegi di kasus Vina, sehingga masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.mediapatriot.co.id/2022/04/07/aksi-unjuk-rasa-mahasiswa-cirebon-di-depan-gedung-dprd-kota-cirebon/
https://news.okezone.com/read/2022/04/07/525/2575011/demo-di-kota-cirebon-ricuh-ini-tuntutan-mahasiswa?page=1