[SALAH] Video Demo Cirebon pada 1 Juni 2024

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah

Video demo kota Cirebon pada 1 Juni 2024 tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan proses pengarakan jenazah Lukas Enembe di tahun 2023.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = = = =

SUMBER: TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1717681447.034604/screenshot.png

= = = = =

NARASI:
“MERINDING !! !!
Suasana Kota
Cirebon 1 Juni 2024
Meminta Keadilan
Sila ke-5
MENYALA NETIZEN🔥🔥”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Tiktok roby02288 memposting sebuah video berdurasi 7 detik menampilkan dua ruas jalan yang dipadati oleh orang-orang. Video yang diambil dari atas jalan tersebut juga nampak beberapa mobil di tengah kerumunan orang. Video tersebut diklaim suasana demo kota Cirebon pada 1 Juni 2024. Dalam caption juga menyertakan #kasusvinacirebon #kasusvinacirebon.

Setelah ditelusuri menggunakan InVID dengan memasukan video sehingga terbagi menjadi beberapa fragmentasi. Melalui potongan fragmentasi tersebut, penelusuran dilanjutkan menggunakan Google Image sehingga mendapatkan video yang identik dengan Postingan. Video tersebut diunggah pada kanal Youtube Tribunnews berjudul “Pemakaman Lukas Enembe Gagal! Jenazah Eks Gubernur Papua Diarak sampai Malam Hari oleh Rakyat Papua”. Jika diperhatikan pada menit ke 1 detik ke 14 video Tribunnews sama dengan postingan Tiktok, hal tersebut berdasarkan kesamaan struktur 2 ruas jalan, beberapa mobil di tengah kerumunan dan bangunan di pinggir jalan.

Berdasarkan keterangan postingan Youtube Tribunnews video tersebut diambil saat proses pengarakan jenazah Lukas Enembe. Sebagai informasi pemakaman seharusnya dijadwalkan pada Kamis, 28 Desember 2023 tertunda dikarenakan jenazah Lukas Enembe masih diarak oleh warga Papua hingga malam hari.

Dengan demikian video demo kota Cirebon pada 1 Juni 2024 tidak benar. Video tersebut merupakan pengarakan jenazah Lukas Enembe ditahun 2023, sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://www.youtube.com/watch?v=cZw1HyTBfRo