[SALAH] Pep Guardiola Mengabaikan Seorang Perwakilan Israel

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya pria yang diabaikan oleh Pep Guardiola tersebut bukan merupakan sosok perwakilan dari Israel, melainkan seorang mantan pesepak bola berkebangsaan Inggris bernama Alan Smith.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Snack Video https://ghostarchive.org/archive/VhMcy (arsip)

===========

[NARASI]:

Pelatih kenamaan Spanyol Pep Guardiola menolak berjabat tangan dengan wakil Israel.

===========

[PENJELASAN]: 

Disadur dari artikel AFP.

Beredar sebuah video di Snack Video membagikan rekaman momen ketika manajer klub Manchester City, Pep Guardiola, yang terlihat sedang mengabaikan seorang pria. Video tersebut disertai dengan sebuah narasi jika pria yang diabaikan oleh Pep adalah seorang perwakilan dari Israel.

Namun, dilansir dari penjelasan AFP pria yang diklaim sebagai sosok perwakilan Israel tersebut bernama Alan Smith, seorang mantan pesepak bola profesional yang berasal dari Inggris.

Video dengan klaim serupa pun juga beredar di platform lain seperti X/Twitter, melalui akun pribadinya Smith memberikan respon komentar yang bernada gurauan karena dirinya menjadi korban salah orang.

Melalui penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan jika pria yang diabaikan oleh Pep Guardiola tersebut bukan merupakan sosok perwakilan dari Israel, melainkan seorang mantan pesepak bola berkebangsaan Inggris bernama Alan Smith.

===========

 [REFERENSI] :

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.34UB4LL

https://twitter.com/AG_Smithy/status/1795144113873916242

https://en.wikipedia.org/wiki/Alan_Smith_(football_manager)