[PENIPUAN] Bareksa Gebyar Rewards, Jalankan Tugas Mendapatkan Komisi dari Merchant Bareksa di Grup WhatsApp

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya Performance Marketing Manager Bareksa, Deny Faedhurrahman melalui akun Instagram resmi Bareksa menyebut bahwa klaim tersebut merupakan modus penipuan. Ia menghimbau agar masyarakat selalu berhati-hati atas tindak kejahatan seperti ini.

= = =

Kategori: Konten Tiruan

= = =

Sumber: WhatsApp

https://bit.ly/3Viuqzf

= = =

Narasi:

“BAREKSA GEBYAR REWARDS”

“Cari cuan ribet X Cari cuan gampang Y Hari gini ngapain nyari cuan ribet-ribet, padahal lewat event BAREKSA PLUS udah jadi solusi cari cuan yang paling gampang~ Yuk, buruan gabung bersama BAREKSA sekarang untuk memulai investasi”

“:black_small_square: Kami mengajak kakak-kakak sekalian untuk bisa memiliki kesempatan mengerjakan tugas dari kami dan mendapatkan komis untuk setiap tugas yang dikerjakan.

:black_small_square: Tujuan kegiatan ini adalah untuk mempromosikan bareksa sebagai platform yang memberikan banyak kemudahan  untuk mendapatkan keuntungan anda.

:black_small_square: Jika anda menyelesaikan tugas hari ini anda berhak mendapatkan komisi yang berikan oleh pihak merchant.”

= = =

Penjelasan:

Terdapat sebuah Grup WhatsApp bernama Bareksa Gebyar Rewards yang dibuat oleh orang yang tidak dikenal lalu mengundang ratusan orang, dalam grup tersebut salah satu admin dengan nomor 0838488547564 menyampaikan bahwa orang-orang dalam grup tersebut bisa mendapatkan komisi dengan mengerjakan tugas untuk mempromosikan Bareksa.

Namun setelah ditelusuri untuk mendapatkan kebenaran dari klaim tersebut dengan mencari tahu melalui Instagram resmi Bareksa, melalui video reels Deny Faedhurrahman, Marketing Manager Bareksa menyebut bahwa informasi itu merupakan modus penipuan baru.

Deny menghimbau agar masyarakat selalu berhati-hati dengan tidak mengikuti serangkaian tugas dengan iming-iming hadiah. Ia juga menghimbau agar masyarakat untuk jangan memberikan alamat email, nomor pribadi, dan kode OTP serta jangan memberikan dana ke rekening pribadi oknum. Ia menegaskan bahwa semua transaksi investasi hanya dilakukan dalam aplikasi Bareksa.

Perlu diketahui bahwa laman resmi Bareksa hanya di www.bareksa.com, sedangkan grup komunitas Bareksa hanya dapat dilakukan melalui aplikasi Bareksa. Sehingga masyarakat jangan mengklik link apa pun yang dapat menjerumus kepada penipuan.

Pada postingan yang berbeda, Bareksa menjelaskan bahwa nomor WhatsApp resmi Bareksa adalah 081388155774. Sedangkan dalam grup tersebut tidak ada nomor WhatsApp resmi Bareksa yang disampaikan melalui Instagramnya.

Dengan demikian, jalankan tugas mendapatkan komisi dari merchant Bareksa di Grup WhatsApp adalah tidak benar dengan kategori Konten Tiruan.

= = =

Referensi:

https://www.instagram.com/p/C7BaIJYBxMs

https://www.instagram.com/p/C7OsopzPbNb/?img_index=1

= = =