[SALAH]: “Turki kirim Pasukan Tempur ke Gaza untuk Bantu Palestina”

Hasil periksa fakta Yudho ardi

Informasi yang menyesatkan, faktanya video tersebut merupakan EFES-2024 latihan gabungan terbesar Angkatan Bersenjata Turki, diselenggarakan oleh Turki dan di bawah komando dan manajemen Komando Angkatan Darat Aegea di bawah pengawasan Presiden Erdoğan.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: TWITTER/X
https://archive.cob.web.id/archive/1717661617.099583/index.html

=====

[NARASI]:
ALLAHU AKBAR !!Setelah Presiden Turki RT Erdogan mengutuk keras atas serangan bom Israel zionist di Rafah,Erdogan  mengatakan Israel adalah terrorist dan #BenjaminNetanyahu adalah PSIKOPAT .
Kini pasukan tempurnya di kirim ke Gaza untuk gabung membela Palestina.

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Twitter/X dengan nama akun “21_mozza” yang mengunggah video dengan narasi Turki kirim pasukan tempur ke Gaza untuk bantu Palestina.

Setelah melakukan penelusuran dengan Google lens ditemukan gambar identik artikel milik Haberturk.com dengan judul artikel “Pernyataan Presiden Erdoğan setelah latihan EFES-2024”.

Video tersebut merupakan EFES-2024 latihan gabungan terbesar Angkatan Bersenjata Turki, diselenggarakan oleh Turki dan di bawah komando dan manajemen Komando Angkatan Darat Aegea di bawah pengawasan Presiden Erdoğan.

Presiden Erdoğan mengatakan: “Tidak ada negara yang menjadi sasaran latihan EFES-2024. Latihan kami dilakukan dengan skenario umum untuk mendukung perdamaian. Latihan ini akan meningkatkan kemampuan tentara kami. Senjata dan sistem yang termasuk dalam latihan ini menunjukkan titik yang telah dicapai negara kita.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim tentang Turki kirim pasukan tempur ke Gaza untuk bantu Palestina adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://www.haberturk.com/efes-2024-tatbikati-nefesleri-kesti-guncel-haberler-3690905?page=5