[SALAH] Ombak Besar Menyapu Habis 2 Daerah di Bali

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Faktanya isi video tersebut jelas berbeda dengan apa yang diklaim pada judul video mengenai terjadinya ombak besar yang menyapu habis 2 daerah di Bali.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/Fl2DwG41TTg  (arsip)

===========

[NARASI]: “BENCANA HARI INI~PULUHAN WARGA TEWAS..HARI INI OMBAK BESAR MENYAPU HABIS 2 DAERAH BALI SIANG INI.”

===========

[PENJELASAN]: 

Muncul sebuah unggahan di Youtube pada 31 Mei 2024 mengenai klaim yang mengatakan jika telah terjadi ombak besar yang menyapu habis 2 daerah di Bali. 

Namun, setelah disimak dan dilakukan pencarian di Google ternyata narator hanya membacakan ulang sebuah artikel berjudul “Masyarakat Bali Diminta Waspada Potensi Gelombang Tinggi” yang diterbitkan oleh Bali Tribune.

Mengutip dari Bali TribuneI, BMKG Bali menghimbau masyarakat Bali waspada terhadap potensi gelombang tinggi mencapai 2 meter atau lebih terutama di Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan dan Samudera Hindia selatan Bali hingga Nusa Tenggara Barat pada 31 Mei hingga 2 Juni 2024. 

Ketinggian gelombang di perairan utara Bali hingga Nusa Tenggara Barat berkisar 0,25-1,0 meter sedangkan di selatan 0,75-2,5 meter. Masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di daerah yang tercantum dalam area peringatan dini diimbau untuk mempertimbangkan kondisi tersebut sebelum melaut dan selalu memperhatikan update informasi cuaca dan gelombang dari BMKG. 

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa isi video tersebut jelas berbeda dengan apa yang diklaim pada judul video mengenai terjadinya ombak besar yang menyapu habis 2 daerah di Bali.

===========

[REFERENSI] :

https://balitribune.co.id/content/masyarakat-bali-diminta-waspada-potensi-gelombang-tinggi%C2%A0%C2%A0