[SALAH]: Emas Antam keluaran 2010-2021 adalah emas palsu

Hasil periksa fakta Raka.

[FAKTANYA]: Klaim emas Antam palsu keluaran 2010-2021 tidak benar, berita tersebut telah diklarifikasi oleh PT. Aneka Tambang Tbk bahwa mantan karyawan Antam memperjual belikan emas dengan menggunakan nama Antam secara tidak resmi.

====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan.

====

[SUMBER]: https://perma.cc/4UKP-QTK7

====

[NARASI]: Waspada emas Antam palsu

====

[PENJELASAN]: Beredar sebuah postingan di Instagram dengan narasi bahwa emas Antam keluaran tahun 2010-2021 adalah emas palsu.

Namun setelah dilakukan penelusuran, informasi yang beredar tersebut tidak benar.

Faktanya, berdasarkan artikel dari Kompas.com PT Aneka Tambang Tbk (Antam) memberikan klarifikasi terkait kasus 109 ton emas yang diduga palsu dan melibatkan enam mantan karyawan perusahaan. Sekretaris Perusahaan Antam, Syarif Faisal Alkadrie, menyatakan bahwa tidak ada emas palsu Antam yang beredar di masyarakat karena semua produk emas logam mulia Antam dilengkapi dengan sertifikat resmi. Emas yang diproduksi Antam diolah di satu-satunya pabrik pengolahan dan pemurnian emas di Indonesia yang telah mendapat sertifikasi dari London Bullion Market Association (LBMA).

Mengenai kasus 109 ton emas palsu tersebut, Syarif menjelaskan bahwa para mantan karyawan Antam yang terlibat menggunakan merek LM Antam secara tidak resmi.

Dengan demikian klaim tersebut salah dengan kategori konten yang menyesatkan.

====

[REFERENSI]: https://money.kompas.com/read/2024/05/31/150500726/soal-kasus-109-ton-emas-antam-bantah-beredar-emas-palsu-