[PENIPUAN] Surat Panggilan Tes Calon Karyawan Pertamina Mei 2024

hasil periksa fakta Rahmah.

Info rekrutmen pertamina hanya melalui akun Instagram dan website resmi Pertamina.

KATEGORI KONTEN PALSU

===
SUMBER: Email

===
NARASI:
“Nomor: 259/HRD/BUMN/PT.PERTAMINA/V/2024

Lamp: 4 (Empat) Rangkap

Hal: Penting

Kepada Yth: Para Calon Karyawan BUMN PT. Pertamina (Persero)

Di-Tempat

Jakarta 20 Mei 2024

Sehubungan Dengan Recruitment Karyawan BUMN PT. Pertamina (Persero) Tahun 2024 Untuk Wilayah Penempatan Kerja Sesuai Domisili Calon Karyawan PT. Pertamina (Persero) Di Seluruh Indonesia. Maka Kami Beritahukan Bahwa Dengan Ini Saudara/Sandari Di Nyatakan Lulus Seleksi Dan Wajib Mengikuti Seleksi Tes Selanjutnya Sampai Tahap Akhir Sesuai Dengan jadwal Berikut:

Mengingat Pentingnya Tahap Tersebut Di Atas Maka Peserta Tidak Boleh Di Wakili Dan

Jadwal Yang Kami Tentukan, Maka Peserta Yang Bersangkutan Secara Otomatis Kami An

Tahap Tersebut Untuk Menentukan Ke Lulusan. Demikian Undangan Ini Di Sampaikan Atas

Sampaikan Terima Kasih.”

===
PENJELASAN:
Beredar surat panggilan interview mengatasnamakan PT Pertamina. Pada surat tersebut berisi nama-nama peserta yang lolos mengikuti tahap selanjutnya. Pelaksanaan tes dilaksanakan pada 23-25 Mei 2024 di kantor Pertamina yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Timur IA, Jakarta Pusat. Peserta diminta melakukan pembayaran untuk biaya transportasi, akomodasi dan konsumsi yang nantinya akan dilakukan penggantian dana.


Setela ditelusuri informasi surat panggilan calon karyawan tersebut adalah tidak benar. Pada laman Twitter Pertamina memberikan klarifikasi informasi resmi perekrutan hanya melalui situs http://recruitment.pertamina.com dan Instagram @pertaminacareer. Selain itu Pertamina dalam proses rekrutmen tidak pernah meminta uang atau pembayar dari pelamar.


Informasi mengenai perekrutan pertamina sering beredar tiap tahunnya, dengan format yang sama, pada laman turnbackhoax.id ditemukan konten serupa yang rilis pada tahun 2023. Masyarakat diminta berhati-hati terhadap penipuan lowongan pekerjaan atas PT Pertamina.

===
REFERENSI:
https://x.com/pertamina/status/1626489257023135744

https://www.instagram.com/stories/highlights/17856929947757695