[BELUM TERBUKTI] Foto potongan Rekaman CCTV Kasus Pembunuhan Vina Cirebon

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, foto yang diduga merupakan potongan CCTV saat kejadian Vina Cirebon terjadi belum terbukti hingga saat ini. Hotman Paris selaku pengacara keluarga Vina menyebutkan bahwa potongan gambar CCTV tersebut perlu diperiksa oleh digital forensik.

=====    

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====    

Sumber: Twitter
https://ghostarchive.org/archive/mwgLt

=====    

Narasi   
Jangan hilangkan bukti
Semua bukti ada di CCTV di Cirebon mau dihilangkan ya CCTV di Cirebon mirip km 50

=====   

Penjelasan:   
Sebuah akun twitter @opposite6890 telah memposting sebuah gambar yang diduga merupakan foto dari rekaman CCTV kasus pembunuhan Vina Cirebon. Postingan tersebut telah diunggah pada 1 Juni 2024. 

Dilansir dalam tribunnews.com, seorang warga Cirebon bernama Ferry juga telah menegaskan bahwa ada rekaman CCTV 360 di TKP Vina dibuang. Ferry yang merupakan warga sekitar menyebut bahwa lokasi CCTV ini ada di flyover di TKP ditemukannya Vina.

“Di flyover itu setahu saya sih ada CCTV 360 yang mengarah ke jalan tol, ke jalan,” kata Fery saat diwawancara Dedi Mulyadi dalam unggahan akun YouTube KANG DEDI MULYADI CHANNEL.

Akan tetapi, fery tidak bisa memastikan bahwa foto tersebut merupakan potongan rekaman CCTV saat terjadinya pembunuhan Vina Cirebon. Saat ini, kasus pembunuhan Vina masih menjalani proses penyidikan. Dilansir dalam kompas.tv, pengacara keluarga Vina, Hotman Paris Hutapea, menyebutkan bahwa foto rekaman CCTV tersebut belum bisa dijadikan barang bukti karena potongan gambar CCTV itu perlu diperiksa oleh digital forensik. Menurut Undang-Undang ITE Pasal 5 dan 6, untuk dapat dijadikan bukti, rekaman CCTV harus berupa video utuh, bukan hanya screenshot.

“Ada perkembangan terbaru katanya ditemukan CCTV, tapi secara hukum CCTV hanya sah sebagai bukti hukum kalau dilakukan digital forensik atas hardisk dari DVR nya,” kata Hotman.

Terkait dengan dugaan bukti CCTV yang akan dihilangkan, sebelumnya potongan CCTV tersebut tidak dapat dihadirkan di persidangan, hal ini diungkap oleh kuasa hukum terpidana yang bernama Jogi Nainggolan mengatakan bahwa CCTV kasus Vina Cirebon gelap sehingga tidak ditampilkan di pengadilan.

Sehingga, foto yang diyakini merupakan potongan dari rekaman CCTV kejadian pembunuhan Vina masih belum dapat dikonfirmasi kebenarannya. 
=====     

Referensi:    
https://video.tribunnews.com/amp/view/728815/ada-adegan-mengejutkan-foto-cctv-diduga-dari-kasus-vina-tahun-2016-lalu
https://www.kompas.tv/amp/video/512320/respons-hotman-paris-soal-cctv-pembunuhan-vina-cirebon
https://youtu.be/CQihEd5dtzQ?si=nM9Y4W-vXr6PKEsH
https://medan.tribunnews.com/amp/2024/06/02/terungkap-alasan-rekaman-cctv-tak-ditunjukkan-di-sidang-vina-cirebon-begini-kata-ahli-forensik