[SALAH] Tsunami NTT 30 Mei 2024

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Faktanya isi video tersebut jelas berbeda dengan apa yang diklaim pada judul video mengenai terjadinya Tsunami di NTT.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/q_F_AF3Y4yE (arsip)

===========

[NARASI]: “BENCANA HARI INI~ngeri:bangbang:3 KOTA NTT HARI INI TSUNAMI, HANTAM WILAYAH PESISIR GELOMBANG MENGAMUK DERES”

===========

[PENJELASAN]:
Muncul sebuah unggahan di Youtube pada 30 Mei 2024 mengenai klaim yang mengatakan jika telah terjadi tsunami di NTT.

Namun, setelah disimak dan dilakukan pencarian di Google ternyata narator hanya membacakan ulang sebuah artikel berjudul “BMKG: Waspada Gelombang Tinggi Hingga 2,5 Meter” yang diterbitkan oleh RRI.

Mengutip dari RRI, BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Kupang mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di Wilayah perairan Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berlaku dua hari ke depan pada 27-28 Mei 2024.

Pola angin di Wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Timur–Selatan dengan kecepatan angin berkisar 4–20 knot. Sedangkan di Wilayah Indonesia bagian selatan bergerak dari Timur–Tenggara dengan kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Yos Sudarso bagian selatan, Perairan Merauke, dan Laut Arafuru selatan Merauke.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa isi video tersebut jelas berbeda dengan apa yang diklaim pada judul video mengenai terjadinya tsunami di NTT.

===========

[REFERENSI] :
https://www.rri.co.id/daerah/715213/bmkg-waspada-gelombang-tinggi-hingga-2-5-meter