[SALAH]: “Pemekaran 10 Provinsi Baru di Pulau Jawa”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi tersebut dibantah Kemendagri, yang mengatakan bahwa pemerintah saat ini masih melakukan moratorium pemekaran daerah baru. Setda Provinsi Jawa Barat juga menampik isu tersebut. Jabar memang mengusulkan adanya pemekaran daerah, namun bukan pemekaran provinsi.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: TWITTER/X
https://perma.cc/W5E2-5TET

=====

[NARASI]: 10 Calon Provinsi Baru.
Menurut kalian apa pengaruhnya kalau makin banyak daerah pemekaran?

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Twitter/X dengan nama akun “Romitsu Top” yang mengunggah video dengan narasi pemekaran 10 provinsi baru di pulau Jawa.

Setelah melakukan penelusuran, Informasi tersebut dibantah Kemendagri, yang mengatakan bahwa pemerintah saat ini masih melakukan moratorium pemekaran daerah baru. Setda Provinsi Jawa Barat juga menampik isu tersebut. Jabar memang mengusulkan adanya pemekaran daerah, namun bukan pemekaran provinsi.

Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Benny Irwan, mengatakan bahwa pemerintah saat ini tidak memiliki rencana pemekaran di daerah mana pun. Sebab, saat ini pemekaran daerah masih dalam status moratorium.

Hingga saat ini belum ada rencana pemerintah untuk melakukan pemekaran provinsi ataupun kabuaten/kota, karena masih dalam status moratorium,” kata Benny saat dihubungi Kompas.com, Selasa (15/2/2022).

Dengan demikian klaim tentang pemekaran 10 provinsi baru di pulau Jawa adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/02/16/113112882/kemendagri-bantah-isu-pemekaran-9-provinsi-baru-di-pulau-jawa?page=all