[SALAH] Palestina Resmi Bergabung ke PBB

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Walaupun sudah mendapatkan dukungan suara dari 143 negara, akan tetapi hingga saat artikel ini dibuat negara Palestina belum terdaftar sebagai negara-negara anggota PBB di situs resmi PBB, mereka masih terdaftar sebagai negara pengamat non-anggota.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Tiktok https://ghostarchive.org/archive/TwElC (arsip)

===========

[NARASI]:

Sidang PBB telah menerima Palestina menjadi anggota. Alhamdulillah palestina merdeka

jika Palestina telah merdeka. negeri yang paling aman hanya palestina

===========

[PENJELASAN]: 

Disadur dari artikel AFP.

Beredar sebuah video di Tiktok yang membagikan potongan dari acara berita TV One yang mana di awal video, presenter tersebut mengatakan informasi bahwa “Hasil voting sidang pleno PBB memutuskan 143 dari 177 negara menerima Palestina sebagai anggota baru PBB”.

Laporan berita tersebut juga menampilkan sebuah wawancara dengan Arrmanatha Nasir, wakil tetap Indonesia untuk PBB. Namun video wawancara yang dibagikan oleh akun Tiktok ini dipotong sebelum Nasir sempat menjelaskan lebih lanjut.

Diketahui, Pada 10 Mei 2024, Majelis Umum PBB memang melakukan pemungutan suara mengenai masalah keanggotaan Palestina. Berdasarkan hasil suara, sebanyak 143 negara telah sepakat menyatakan jika Palestina memenuhi syarat untuk menjadi anggota penuh PBB dan mendorong upaya tersebut.

Akan tetapi walaupun sudah mendapatkan 143 suara, hingga saat artikel ini dibuat negara Palestina belum terdaftar sebagai negara-negara anggota PBB di situs resmi PBB, mereka masih terdaftar sebagai negara pengamat non-anggota.

===========

 [REFERENSI] :

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.34U68GC

https://internasional.republika.co.id/berita/sda5xs393/breaking-palestina-menang-telak-di-majelis-umum-pbb

https://www.un.org/en/about-us/member-states