[SALAH] ORANG TUA JOKOWI BERNAMA HERU PURNOMO DAN YET MEI HWA

Informasi tersebut tidak benar dan merupakan hoaks berulang. Ayah Jokowi diketahui bernama Widjiatno Notomihardjo dan Ibunya bernama Sudjiatmi Nomomihardjo.

KATEGORI: MISLEADING CONTENT/ KONTEN YANG MENYESATKAN

===

SUMBER: TIKTOK
https://www.tiktok.com/@denielsamoedra/video/7368053261552651526?_r=1&_t=8mMwaSIqj9c

Arsip https://ghostarchive.org/archive/1NrBx

===

NARASI:

“VIRAL Orang-ini kenal orang tua pak Jokowi”

===

PENJELASAN: Akun TikTok bernama @denlelsamoedra mengunggah sebuah video yang menampilkan seorang pria paruh baya tengah berbicara dan menyebut jika Ayah dari Jokowi bernama Heru Purnomo dan Ibu kandungnya bernama Yet Mei Hwa. Sampai dengan artikel ini dibuat, video tersebut telah 11 kali dibagikan dan disukai sebanyak 109 kali oleh pengguna TikTok lainnya. Diketahui pula jika sosok laki-laki yang terdapat di dalam video tersebut bernama Bambang Tri Mulyono, Bambang sendiri diketahui merupakan penulis buku berjudul “Jokowi Undercover”. Bambang mengklaim mengenal sosok orang tua Jokowi, namun sosok Bambang sendiri sudah diadili karena diketahui menyebarkan informasi palsu terkait identitas Jokowi melalui bukunya tersebut.

Coba melakukan penelusuran lebih lanjut menggunakan mesin pencari, ditemukan fakta bahwa apa yang disampaikan pada video tersebut tidak benar. Hoaks perihal nama ayah dan ibu kandung Jokowi diketahui beberapa kali telah beredar dan telah dibuat artikel periksa faktanya oleh pemeriksa fakta Mafindo.

Melansir dari detik.com, ayah Jokowi diketahui bernama Widjiatno Notomiharjo yang meninggal pada tahun 2000 dikarenakan menderita penyakit hernia. Sementara itu Ibu kandung Jokowi adalah Sudjiatmi Notomiharjo dan berasal dari keluarga pengusaha penggergajian.

Berdasar seluruh referensi, unggahan video oleh akun TikTok @denlelsamoedra perihal nama ayah dan ibu kandung Jokowi adalah TIDAK BENAR. Video tersebut masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

===

REFERENSI:

https://id.wikipedia.org/wiki/Joko_Widodo
https://news.detik.com/x/detail/investigasi/20170113/Langgam-Hidup-Ayah-Jokowi/
https://id.wikipedia.org/wiki/Sudjiatmi