[SALAH] Momen Penangkapan Linda Teman Vina Pembunuhan Cirebon

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Video tersebut bukan penangkapan Linda dalam kasus pembunuhan Vina Cirebon. Faktanya, dua cuplikan video itu merupakan penangkapan kasus narkoba dan pencurian Emas.

[KATEGORI]
Konten yang menyesatkan

[SUMBER]
TikTok
https://ghostarchive.org/archive/v7Yhx

[NARASI]
“Momen Penangkapan Linda Teman Vina Pembunuhan Cirebon”

[PENJELASAN]
Beredar video yang diklaim penangkapan Linda teman Vina dalam kasus pembunuhan Vina Cirebon. Pada video itu terdapat dua cuplikan video, video pertama memperlihatkan seorang wanita rambut pirang memakai rompi oranye yang ditangkap oleh pihak kepolisian. Sedangkan video kedua memperlihatkan wanita berhijab hitam sedang diintrogasi polisi.

Faktanya, kedua video tersebut tidak ada kaitannya dengan kasus Pembunuhan Vina Cirebon. Video pertama, wanita rambut pirang adalah tersangka kurir narkoba 10.027 butir ekstasi dari Malaysia yang terjadi tahun 2023.

Sedangkan video kedua merupakan penangkapan perempuan asal Aceh yang mencuri emas demi berlibur dan membeli ponsel. Kejadian tersebut terjadi pada Juni 2022.

Dengan demikian, video yang diklaim penangkapan Linda teman Vina adalah tidak benar. Dua cuplikan video tersebut tidak ada kaitannya dengan kasusu pembunuhan Vina di Cirebon pada tahun 2016.

[REFERENSI]
https://turnbackhoax.id/2024/05/27/salah-penangkapan-linda-sahabat-vina-dalam-kasus-pembunuhan-vina-cirebon/

https://regional.kompas.com/read/2023/09/26/172542078/wanita-asal-jakarta-jadi-kurir-10027-butir-ekstasi-dari-malaysia-diupah-rp?page=all

https://youtu.be/Iq65iOXzxQA?si=CCkQGmURiAKRwUt8