[SALAH] Mobil Presiden Jokowi Parkir di depan Polsek Cirebon

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani

Faktanya, foto mobil Presiden Jokowi  itu di depan Polsek Tiworo Kupulauan Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara.

[KATEGORI]
Konten yang dimanipulasi

[SUMBER]
TikTok
https://ghostarchive.org/archive/VcooH

[NARASI]
“BAPAK JOKOWI MEMANG HARUS DATANG LANGSUNG KEPOLSEK
mobil presiden Jokowi dgr2 parkir d polres Cirebon bnr kah??kpn??”

[PENJELASAN]
Akun TikTok @Ar_Aesthetic93 m engunggah video TikTok yang mengklaim mobil Presiden Jokowi parkir di depan Polsek Cirebon. Pengunggah menambahkan narasi “bapak Jokowi memang harus datang langsung ke Polsek.” Pada unggahan tampak mobil dinas Presiden berhenti di depan bangunan berwarna kuning. Faktanya, foto mobil presiden tersebut bukan di Cirebon.

Setelah dilakukan penelusuran Google Image Search, ditemukan foto yang identik dengan klaim. Foto aslinya diunggah oleh beberapa portal media online lokal Sulawesi Tenggara, seperti Nawalamedia.id dan sangiasultra.id. Pada unggahan asli media online tersebut, dituliskan Jokowi singgah untuk buang air kecil di Polsek Tiworo Kepulauan (Tikep) Muna Barat, Sulawesi Tenggara.

Pada foto aslinya, terpampang jelas tulisan pada bangunan Polsek berwarna kuning itu “Polsek Tiworo Kepulauan.” Namun pada unggahan TikTok @Ar_Aesthetic93 sengaja ditutupi dengan teks agar tidak terlihat dimana lokasi asli foto tersebut.

Dilansir dari Sangiasultra.id, Presiden Jokowi saat itu melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Muna dan Muna Barat (Mubar) pada Senin, 13 Mei 2024. Kapolsek Tikep, Iptu Jufri membenarkan kejadian itu. “Iya benar. Pak Presiden singgah di kantor tapi tidak lama,” kata Jufri Selasa, 14 Mei 2024.

[REFERENSI]
https://rbtv.disway.id/amp/50416/momen-mobil-ri-1-terparkir-di-depan-polsek-ada-apa

https://nawalamedia.id/momen-presiden-jokowi-singgah-buang-air-kecil-di-polsek-tikep-muna-barat/

https://www.sangiasultra.id/2024/05/usai-makan-siang-presiden-jokowi.html