[SALAH] Jateng Berduka Rumah-Rumah Hanyut Dihantam Ombak pada 20 Mei 2024

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Faktanya isi video tersebut jelas berbeda dengan apa yang diklaim pada judul video mengenai Jateng dihantam ombak hingga rumah-rumah hanyut.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/i8C9PO35SUE  (arsip)

===========

[NARASI]: “BENCANA HARI INI~DETIK² JATENG BERDUKA HARI INI..SEBUAH RUMAH² HANYUT DI HANTAM OMBAK PAGI INI”

===========

[PENJELASAN]: 

Muncul sebuah unggahan di Youtube pada 30 Mei 2024 mengenai klaim yang mengatakan jika Jateng dihantam ombak hingga rumah-rumah hanyut.

Namun, setelah disimak dan dilakukan pencarian di Google ternyata narator hanya membacakan ulang sebuah artikel berjudul “Gelombang Tinggi di Laut Selatan Jateng dan DIY Bakal Terjadi hingga Awal Juni, BMKG Cilacap Keluarkan Peringatan Dini” yang diterbitkan oleh Suara Merdeka.

Mengutip dari Suara Merdeka,Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan adanya potensi gelombang tinggi di laut perairan dan Samudera Hindia selatan Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dalam beberapa hari ke depan. BMKG mengimbau kepada masyarakat pengguna aktivitas maritim untuk selalu waspada saat melintas di wilayah perairan dan Samudera Hindia Selatan Jateng dan DIY.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa isi video tersebut jelas berbeda dengan apa yang diklaim pada judul video mengenai Jateng dihantam ombak hingga rumah-rumah hanyut.

===========

[REFERENSI] :

https://banyumas.suaramerdeka.com/banyumas/0912791215/gelombang-tinggi-di-laut-selatan-jateng-dan-diy-bakal-terjadi-hingga-awal-juni-bmkg-cilacap-keluarkan-peringatan-dini