[SALAH] Gelombang Tinggi 20 Meter Menerjang Sulawesi, Puluhan Nyawa Tewas

Hasil periksa fakta Sukma

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim bahwa telah terjadi gelombang setinggi 20 meter di Sulawesi dan menewaskan puluhan orang adalah hal yang tidak benar.

===========

[KATEGORI]: Manipulated Content

===========

[SUMBER]: https://ghostarchive.org/varchive/Azk7DUkFgUk (arsip)

===========

[NARASI]:
BENCANA HARI INI~ TAK KUNJUNG SELESAI, GELOMBANG TINGGI MENGOBRAK-ABRIK WILAYAH INI HINGGA BEGINI :bangbang:
===========

[PENJELASAN]:

Pada 2 Mei 2024 sebuah akun youtube dengan nama Ghost Crossing (https://www.youtube.com/@gemboknusantara8814) mengunggah sebuah video dengan klaim bahwa telah terjadi sebuah gelombang dahsyat setinggi 20 meter yang menghantam Sulawesi Tenggara. Dalam video tersebut, pengunggah juga menyatakan bahwa gelombang tinggi telah menewaskan puluhan orang.

Namun, ketika disimak lebih lanjut, apa yang disampaikan oleh pengunggah di dalam video tidak sesuai dengan klaim yang dituliskan pada judul dan thumbnail video. Hal tersebut dikarenakan informasi yang disampaikan oleh pengunggah merupakan hasil wawancara Rino Indra Nasir dengan Tribun News Sultra yang merupakan Prakirawan Cuaca BMKG Sultra. Dalam wawancara tersebut, Rino menyampaikan bahwa akan terdapat peningkatan intensitas hujan sehinga gelombang laut akan diperkirakan naik 1.25 – 2.5 meter di beberapa wilayah perairan di Sulawesi Tenggara. Selain itu, Rino pun tidak sama sekali memberikan pernyataan terkait adanya korban jiwa akibat adanya kenaikan gelombang laut ini.

Oleh sebab itu, adanya informasi yang menyatakan bahwa air laut di Sulawesi Tenggara naik hingga 20 meter bahkan menyebabkan puluhan nyawa melayang adalah hal yang tidak benar.

===========

[REFERENSI] :
https://sultra.tribunnews.com/2024/05/01/peringatan-dini-bmkg-waspada-gelombang-tinggi-dan-hujan-di-sulawesi-tenggara-selama-sepekan-ke-depan