[SALAH] Angin Tornado Memporak Porandakan Sulawesi, 23 Desa Hancur

Hasil periksa fakta Sukma

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim bahwa telah terjadi angin tornado di Sulawesi hingga menghancurkan 23 desa adalah hal yang tidak benar.

===========

[KATEGORI]: Manipulated Content

===========

[SUMBER]: https://ghostarchive.org/varchive/P-RLx_zr3yo (arsip)

===========

[NARASI]:
BENCANA HARI INI~SULAWESI KEMBALI MENCEKAM..ANGIN BUAS TORNADO PORA PORANDA 23 DESA SAMPAI HANCUR

===========

[PENJELASAN]:

Pada 11 Mei 2024 sebuah akun youtube dengan nama Ghost Crossing (https://www.youtube.com/@gemboknusantara8814) mengunggah sebuah video dengan klaim bahwa telah terjadi sebuah angin buas tornado di Sulawesi Utara hingga memporak-porandakan 23 desa dan meminta masyarakat untuk waspada.

Namun, ketika disimak lebih lanjut, apa yang disampaikan oleh pengunggah tidak sesuai dengan klaim yang disebutkan pada judul dan thumbnail video. Pengunggah justru menjelaskan terkait meningkatnya curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin di Sulawesi Utara hingga 12 Mei 2024 tanpa sedikitpun menjelaskan tentang tornado yang menghancurkan 23 desa di Sulawesi Utara.

Informasi tersebut sesuai dengan wawancara liputan6 dengan Ben A Molle Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado pada Kamis 9 Mei 2024.

“BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 12 Mei 2024. Kami berharap warga yang tinggal di daerah bantaran sungai atau daerah yang terjal berhati-hati dengan potensi bahaya tersebut,” ungkap Ben A Molle yang sesuai dengan narasi yang disampaikan oleh pengunggah dalam video tersebut.

Oleh sebab itu, adanya informasi yang menyatakan terjadi angin tornado di Sulawesi hingga menghancurkan 23 desa adalah hal yang tidak benar.

===========

 [REFERENSI] :
https://www.liputan6.com/regional/read/5592483/waspada-hujan-lebat-dan-angin-kencang-berpotensi-terjadi-di-sulut-hingga-12-mei-2024