[SALAH] AHY Nekat Bongkar Semua Korupsi di Lingkaran Jokowi

Hasil periksa fakta Sukma

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim Agus Harimurti Yudhoyono membongkar seluruh kasus korupsi di lingkaran kabinet Jokowi adalah hal yang tidak benar.

===========

[KATEGORI]: Manipulated Content

===========

[SUMBER]: https://ghostarchive.org/varchive/d5KfKF-zpF0 (arsip)

===========

[NARASI]:
RAPAT ISTANA RICUH:bangbang:AHY SENEKAT INI BONGKAR SMUA KASUS K0RUPSI DI LINGKARAN J0K0WI

===========

[PENJELASAN]:

Pada 6 Mei 2024 ditemukan sebuah akun dengan nama One Nation (https://www.youtube.com/@Satubangsa) yang mengunggah sebuah video dengan klaim bahwa Agus Harimurti Yudhoyono atau yang lebih akrab disapa AHY selaku Ketua Umum Partai Demokrat yang pada 21 Februari 2024 lalu secara resmi telah dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang  (ATR)/Kepala Badan Pertahanan Nasional (BPN) nekat membongkar semua kasus korupsi di lingkaran Jokowi.

Namun, ketika disimak lebih lanjut, unggahan tersebut tidak sama sekali membahas mengenai AHY yang membongkar kasus korupsi di lingkaran Jokowi melainkan membahas mengenai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari yang dilaporkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) atas dugaan perbuatan asusila terhadap perempuan yang menjadi anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).

Selain itu, potongan video yang digunakan di dalam unggahan tersebut pun tidak mendukung klaim yang disampaikan pada judul dan thumbnail video. Seperti potongan video pada menit ke 2:06 di mana video tersebut berisikan Aristo Pangaribuan selaku kuasa hukum korban tindak asusila Hasyim Asy’ari yang melakukan pelaporan kasus di Gedung Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) pada Kamis, 18 April 2024 lalu.

Dengan demikian, video dengan klaim bahwa AHY membongkar kasus korupsi di lingkaran Jokowi tidaklah benar adanya.

===========

[REFERENSI] :
[1] https://www.westjavatoday.com/kabulkan-permintaan-pelapor-dkpp-bakal-gelar-sidang-dugaan-asusila-ketua-kpu-secara-tertutup
[2] https://nasional.tempo.co/read/1858205/kuasa-hukum-korban-ungkap-kronologi-dugaan-tindak-asusila-ketua-kpu-hasyim-asyari