[SALAH] Video “Detik-detik Pesawat Singapore Airlines Mengalami Turbulensi”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut merupakan peristiwa lama yang dialami pesawat ALK Airlines saat penerbangan dari Pristina, Kosovo ke Basel, Swiss pada Minggu, 16 Juni 2019. Bukan penerbangan Singapore Airlines yang diketahui mengalami turbulensi pada Senin, 20 Mei 2024.

= = =

Kategori: Konteks yang Salah

= = =

Sumber: Snack Video

https://bit.ly/4by5JFX

Arsip video: https://bit.ly/3UZSHK3

= = =

Narasi:

“Detik-Detik Pesawat Singapore Airlines Mengalami Turbulensi Parah Terekam Kamera. Pesawat Singapore Airlines dengan nomor penerbangan SQ321 ini lepas landas dari Bandara Heathrow, London, Inggris pada Senin (20/5) malam sekitar pukul 22.39 waktu setempat.”

= = =

Penjelasan:

Sebuah postingan Snack Video diklaim menunjukkan detik-detik turbulensi pesawat maskapai Singapore Airlines yang diketahui mengalami turbulensi parah pada Senin, 20 Mei 2024. Pesawat tersebut berangkat dari Bandara Heathrow London menuju Singapura.

Namun setelah ditelusuri, Kompas.com menemukan bahwa video tersebut merupakan rekaman dari kejadian turbulensi pesawat ALK Airlines saat penerbangan dari Pristina, Kosovo ke Basel, Swiss pada Minggu, 16 Juni 2019. Tidak ada kaitannya dengan kejadian yang dialami oleh Singapore Airlines dengan nomor penerbangan SQ321.

Dengan demikian, video detik-detik turbulensi pesawat Singapore Airlines adalah tidak benar dengan kategori Konteks yang Salah.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/05/22/162500882/-klarifikasi-video-turbulensi-pesawat-alk-bukan-singapore-airlines

https://www.antaranews.com/berita/4115703/penerbangan-singapore-airlines-tewaskan-satu-orang-setelah-turbulensi

= = =